33 Anak di LPKA Pangkalpinang Dapat Motivasi dari Melati Erzaldi

PANGKALPINANG - Sebanyak 33 anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mendapatkan motivasi dari Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi.

Motivasi yang diberikan oleh istri orang nomor satu di Negeri Serumpun Sebalai, Minggu (21/4/2019) di Aula LPKA Kelas II Pangkalpinang itu, dalam rangka memperingati rangkaian Hari Bakti Pemasayarakatan yang jatuh pada tanggal 27 April 2019 mendatang.

Dengan pakaian sederhana, Melati dalam motivasinya, meminta anak-anak yang berada di LPKA Kelas II Pangkalpinang untuk menjadikan tempat itu sebagai Pondok Pesantren, bukan tempat tahanan.

“Anggap tempat ini pondoknya kalian. Jangan keberadaan tempat ini dijadikan sebagai tempat tahanan, tapi jadikan tempat ini pesantrennya kalian,” kata Melati.

Ketua TP PPK Babel ini lebih lanjut menjelaskan, dengan dijadikanya Lapas sebagai Pondok Pesantren, maka semua anak yang berada di dalamnya menjadi terdorong untuk belajar sesuatu, sehingga jika keluar dari LPKA Kelas II Pangkalpinang ini nantinya sudah mempunyai keahlian.

“Sholat dan sekolahnya jangan lupa, karena untuk memutus kemiskinan harus terus melanjutkan pendidikan dan belajar, sehingga mempunyai keahlian,” ujarnya.

Ketua PKK juga memberikan wejangan kepada anak-anak LPKA Kelas II Pangkalpinang, jangan mengulangi kesalahan dan kembali lagi ke tempat ini (LPKA). Katanya, jadikan kesalahan pembelajaran hidup untuk menata masa depan yang lebih baik lagi.

“Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan. Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk saya dan yang hadir di sini. Namun, seberapa besar kesalahan itu di tebus dan di perbaiki. Kesalahan yang kita perbuat jangan diulangi lagi. Pandangan kita harus ke depan, jangan menoleh kebelakang,” pungkasnya.

Melati Erzaldi menyebutkan, telah hadiran Kampung Dongeng (Kado) di LPKA ini, yang sudah berjalan tiga tahun. Kado ini, untuk memberikan motivasi kepada anak di LPKA Kelas II Pangkalpinang, dan diharapkan membawa kebaikan buat anak-anak di lapas.

“Kehadiran saya ke sini juga untuk melihat kalian (anak LPKA) dan Kampung Dongeng dalam memberikan motivasi anak-anak melalui ilmu dan dongeng,” ucapnya.

Suyatno Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, pada kesempatan sama mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Babel, karena telah meluangkan waktunya ke LPKA Kelas II Pangkalpinang. “Kehadiran beliu sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak lapas,” kata Suyatno.

Oleh sebab itu, Suyatno berharap kehadiran Melati Erzaldi selaku Pembina Kampung Dongeng nantinya mampu memberikan semangat di hati dan sanubari anak - anak LPKA Pangkalpinang.

"Kehadiran ibu menambah semangat buat anak - anak di lapas yang masih panjang masa depannya. Apalagi diberikan motivasi Lembaga Kampung Dongeng setiap bulannya," ungkapnya.

Suyatno menuturkan, kunjungan yang dilakukan Ketua TP PPK Babel erat kaitannya dengan rangkian Hari Bakti Pemasayarakatan yang jatuh pada tanggal 27 April 2019 mendatang.

“Pesan dari Kakanwil Kumham Babel, berharap Pak Gubernur untuk menjadi Inpektur Upacara pada Upacara Bendera di halaman Kantor Gubernur pada tanggal 29 April. Kita ada rangkaian kegiatan simulasi penanganan gangguan Kamtib di dalam lapas dan penampilan bela diri paraktis,” katanya.

Usai memberikan motivasi, Ketua PKK Provinsi Babel, sekaligus Pembina Kampung Dongeng memberikan hadiah secara simbolis kepada dua anak LPKA Kelas II Pangkalpinang.

Setelah itu, Melati Erzaldi foto bersama dan mengunjungi kondisi kamar dan fasilitas anak laki laki LPKA Kelas II Pangkalpinang, kemudian dilanjutkan mengujungi dan menerima batik hasil kerajinan anak perempuan LPKA Kelas II Pangkalpinang.

Sebelum mengakhiri kunjungannya Pukul 18.00 Wib, Melati Erzaldi menandatangani buku tamu sebagai kehadiran sang motivator di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pangkalpinang.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas