37 PASIS SESKOAL Kunjungi Kantor Gubernur

Air Itam, Pangkalpinang – Sebanyak 32 Perwira Siswa (PASIS) dan 7 Perwira Pembimbing Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (SESKOAL) Angkatan ke-55, Selasa (16/5/2017) mengunjungi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kedatangan rombongan kunjungan Kuliah Kerja Forum Strategi II dan KKDN PASIS Dikreg Seskoal yang di pimpin Kolonel Marinir Aris Mudian ini, diterima Gubernur Babel H. Erzaldi Rosman yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, sekaligus berdialog di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur.

Kolonel Aris Mudian dalam sambutannya mengatakan, Kuliah kerja Angkatan ke-55 tahun 2017 ini, berlangsung selama sembilan hari, dengan jumlah 130 PASIS, terdiri dari PASIS TNI Angkatan Laut 118 orang, TNI Angkatan Darat 2 orang, TNI Angkatan Udara 2 orang, dan PASIS Negara sahabat 8 orang, yaitu Amerika Serikat, Australia, India, Pakistan, Singapura, Malaysia, Thailand dan Korea Selatan.

“Mereka didampingi Perwira Pembimbing sejumlah 26 orang yang ditempatkan di beberapa lokasi di kawasan sepanjang Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) Satu, yaitu Provinsi Kepulauan Riau 6 Perwira Pembimbing dan 40 Pasis, Provinsi Babel 7 Perwira Pembimbing dan 32 Pasis, Lampung 6 Perwira Pembimbing dan 32 PASIS, dan Kabupaten Ranai 6 Perwira Pembimbing dan 32 PASIS,” papar Kolonel Aris Mudian.

Kuliah Kerja Forum Strategi dan KKDN ini, diuraikan Kolonel Aris, merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Perwira Siswa untuk membekali siswa tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di daerah-daerah, yang merupakan salah satu sentra pertahanan Negara dengan terjun langsung ke daerah sasaran.

“Diharapkan kedepan akan menjadi perencana, pemikir dan pelaksana strategis pertahanan Negara di laut, serta mampu merumuskan postur dan struktur kekuatan TNI Angkatan Laut dan perkiraan resiko untuk mendukung konsepsi pertahanan Negara di laut,” ungkap Aris.

Terpilihnya wilayah ALKI Satu ini sebagai tujuan kuliah kerja forum Strategi II dan KKDN PASIS Dikreg SESKOAL Angkatan ke-55 ini, lanjut Kolonel Aris, didasarkan atas beberapa pertimbangan strategis dengan dan kondisi geografis sebagai jalur internasional yang cukup padat di dunia, yang menghubungkan lalu lintas perdagangan internasional. Sehingga harus menjadi pertimbangan utama dalam menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran dari berbagai ancaman, baik militer maupun non militer.

“Saya mengharapkan Perwira Siswa yang sedang melaksanakan kegiatan kuliah kerja ini, tetap menjaga dan mampu meningkatkan soliditas selama berada di tengah masyarakat. Untuk itu, pahami dan hormati adat istiadat masyarakat setempat dengan tidak mengabaikan naluri keprajuritan yang harus selalu waspada terhadap setiap kejadian yang mungkin terjadi,” pesan kata Kolonel Aris.

Ditambahkannya, manfaatkan peluang dan kesempatan untuk selalu berinteraksi dan berdialog dengan masyarakat, sehingga akan tercipta suasana yang harmonis.

“Kepada seluruh aparat pemerintah daerah dan tokoh masyarakat Babel, saya ucapkan terima kasih atas bantuan dan perkenannya, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana, serta kami mohon bantuan moril dan sprituil agar kegiatan ini, tercapai sukses dan tepat sasaran,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Babel yang diwakili Sekda Babel Dr. Yan Megawandi, SH., M.Si mengharapkan kegiatan ini akan menambah jaringan pertemanan antara pemerintah daerah dan masyarakat di Babel dengan seluruh Siswa SESKOAL.

“Kami membuka diri untuk dapat menerima kunjungan seperti ini, dengan demikian kami juga dapat menginformasikan keberadaan Provinsi Babel sekaligus belajar dari pihak-pihak luar Provinsi Babel,” ujarnya.

“Kami berharap kunjungan ini, bisa membawa manfaat, tidak saja bagi Siswa SESKOAL, tetapi juga bagi Babel,” pungkas Sekda.

Pertemuan yang juga dihadiri Kepala Kesbangpol Babel, Kepala Biro Ekonomi Setda Babel dan Perwakilan Kepala OPD Pemprov Babel, diisi dengan paparan Sekda mengenai kondisi Babel terkini dilanjutkan dengan dialog tersebut, diakhiri dengan tukar menukar cinderamata kedua belah pihak, baik dari Pemprov Babel yang diwakili Sekda Babel maupun dari rombongan PASIS SESKOAL Angkatan ke-55, dan foto bersama. (Ahmad).

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas