Aneka Lomba Tradisional Meriahkan HUT RI ke-72 Tingkat Provinsi

Pangkalpinang – Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun 2017 kali ini, benar-benar meriah dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu kemeriahan tersebut adalah digelarnya aneka lomba tradisional, yang dipusatkan di Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, di Air Itam Pangkalpinang pada Kamis (17/8/2017) pagi, selepas Upacara Bendera Peringatan Detik-detik Proklamasi.

Lomba-lomba tradisional yang diperuntukan bagi masyarakat umum itu,  diantaranya lomba makan krupuk, bawa balon/bola pasangan, tangkap dan memindahkan belut, lari karung pakai helm, lomba memecahkan balon, lomba memasukkan paku ke dalam botol, pukul kaleng dengan tutup mata, bawa kelereng pakai sendok, lomba bakiak beregu, dan lomba engrang.

Antusias masyarakat mengikuti kegiatan lomba tersebut, sangat terasa dan terlihat jelas. Bahkan masyarakat yang datang dari Kota Pangkalpinang dan daerah sekitar, berlomba-lomba mengikuti semua rangkaian lomba yang diadakan Pemprov Babel tersebut.

Pesta rakyat yang digagas Gubernur Babel Erzaldi Rosman kali ini, merupakan kegiatan yang pertama diselenggarakan dalam menyambut HUT  RI ke-72.

Gubernur Erzaldi kepada sejumlah awak media disela-sela Loma Masak Nasi Goreng Pimpinan OPD di Lingkungan Pemprov Babel dan Pimpinan unsur Forkopimda Babel di Pelataran Parkir Kendaraan Bermotor Kantor Gubernur, Rabu (16/8/2017) mengatakan, pesta rakyat termasuk didalamnya aneka lomba tradisional ini sengaja digelar, selain untuk memberikan semangat dan kebahagiaan kepada masyarakat menyambut HUT Kemeredekaan RI ke-72 ini, juga sebagai ajang menjalin persatuan dan kesatuan antar berbagai elemen masyarakat.

“Rangkaian acara kita cukup banyak, mulai dari Lomba Masak Nasi Goreng, lomba-lomba tradional seperti makan kerupuk dan lain-lainnya oleh masyarakat umum, malam resepsi dan penghargaan menghadirkan penyanyi cilik Nasional asal Belinyu pada Kamis (17/8/2017) malam, lomba-lomba untuk ASN dan anggota TNI/Polri pada Jumat (18/8/2017) di Mapolda Babel, Malam Hiburan Rakyat pada Jumat (18/8/2017) malam menampilkan Cakrakan di Halaman Kantor Gubernur, dan sejumlah kegiatan lainnya,” ungkap Gubernur.

Sebelumnya, Kepala Dispora Babel Rakhmadi, S.Pd, MA mengatakan, pelaksanaan pesta rakyat ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam memeriahkan HUT RI yang ke-72 dengan menyelenggarakan perlombaan dan permainan tradisonal serta memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat.

Lanjut Rakhmadi dengan digelarnya pesta rakyat ini, masyarakat umum ikut serta dalam kegiatan lomba dalam memeriahkan peringatan HUT RI bersama pemerintah di lingkungan Pemprov Babel.

“Pesta rakyat ini baru pertama dilakukan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta masyarakat umum ikut terlibat,” ungkap Rakhmadi.

Rakmadi menegaskan, dengan perayaan pesta rakyat ini akan memberikan nuansa yang baru bagi masyarakat Babel juga  akan mendekatkan masyarakat dengan pemerintah.

Ketua Panitia Pelaksana Permainan dan Perlombaan, Munawar menambahkan, perayaan pesta rakyat ini diselenggarakan selama 3 hari yang diikuti oleh Forkopimda, Kepala OPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ASN, TNI/ Polri dan masyarakat umum.  (Sentosa)

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas