Apresiasi BEI, Gubernur Erzaldi Berharap Perusahaan di Babel Berani Go Public

PANGKALANBARU, BANGKA TENGAH - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, selain menjadi Keynote Speaker 1st International Conference on Maritime and Archipelago (ICoMA), International Conference of Vocational Studies on Applied Reseach (ICoVAR), International Conference of Vocational Studies on Social Science yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Aston, Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Babel, di hari yang sama, juga menjadi Keynote Speaker Acara Workshop Go Public Babel : Peluang Pendanaan Perusahaan Menuju Pertumbuhan Yang Optimal Melalui Pasar Modal Indonesia di Ballroom Restoran Gale-Gale, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Kegiatan yang digagas Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Pangkalpinang pada Kamis (13/9/2018) ini, bertujuan agar perusahaan di Bangka Belitung melakukan go public atau menawarkan sebagian sahamnya ke publik melalui mekanisme penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) agar bisnisnya berkembang, sehingga mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang optimal.

Dalam Keynote Spech-nya, Gubernur Erzaldi mengatakan, kegiatan ini suatu kesempatan sangat luar biasa. Oleh karena itu, Ia mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada BEI Kantor Perwakilan Pangkalpinang yang meluangkan waktu memberi penjelasan bagaimana cara berinvestasi yang baik, di perusahaan yang baik, dan untuk pembangunan yang baik.

Dijelaskannya, banyak perusahaan di Bangka Belitung yang hartanya hanya di simpan di bank maupun disimpan begitu saja. Bahkan ada beberapa yang menginvestasikan ke Investasi-investasi yang tidak jelas.

"Kebanyakan perusahaan mempunyai uang disimpan begitu saja, tidak tertantang untuk berinvestasi. Bahkan ada yang menginvestasikan ke Investasi yang tidak jelas atau bodong, yang mengiming-imingkan keuntungan besar dengan waktu yang singkat," ujar Gubernur.

Gubernur berharap, dengan adanya workshop ini, perusahaan di Bangka Belitung tidak ada yang tidak beruntung, semua harus beruntung, yaitu dengan berani untuk Go Public. 

Saat ini, ditambahkan Gubernur, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel mempunyai program Berkah Mart yang merupakan usaha ritel di tingkat desa, melalui Bumdes sebagai salah satu upaya untuk menggerakan perekonomian masyarakat.

Rencananya, bulan November tahun ini yang bertepatan dengan HUT Provinsi, Babel memiliki 61 gerai, dari 386 gerai yang direncanakan. Dan Pemerintah akan membantu setiap gerainya 100 juta rupiah.

Dengan kegiatan ini, Gubernur Erzaldi mempunyai pemikiran bahwa Berkah Mart yang modalnya dimiliki dan dibesarkan oleh masyarakat, akan dibentuk suatu Perusahaan Berkah Mart Company yang anak perusahaannya di Bumdes-bumdes. Dan Berkah Mart ini akan menjadi Perusahaan yang Go Public, khususnya Syari’ah.

Dengan Go Public ini, akan membuat ekonomi masyarakat Babel menjadi lebih kuat. Apabila ekonomi kuat, dikatakannya, insya Allah masyarakat menjadi Sejahtera.

Pada Kegiatan ini, dilakukan diskusi dengan menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Vice President BEI, Saptono, Direktur PT. Panin Sekuritas, Prama Nugraha, dan Group Head Corporate Comunication PT. Austindo Nusantara Jaya yang merupakan perusahaan yang berhasil setelah Go Publik yang membahas Potensi Pertumbuhan Perusahaan melalui Go Public, Kiat-kiat Persiapan untuk IPO dan Pertumbuhan Saham melalui Penawaran Saham.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dihadiri unsur Forkopimda Babel, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Babel, Budiman Ginting, Kepala BEI Kantor Perwakilan Pangkalpinang, Joseph Kaburuan, Kadin Babel yang diwakili Wakil Ketua Bidang Organisasi, Bambang Pati Jaya, Kadin Kabupaten/Kota Se-Babel, dan 18 asosiasi yang bergerak dalam Bidang Perekonomian Se-Babel.(Lulus). 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas