Asisten I Sekda Babel Hadiri Apel Siaga Pengawasan Pilkada

Sungailiat, Bangka – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr Yuswandi A. Temenggung, yang diwakilkan kepada Asisten I Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Haryoso, SH, menghadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Babel Tahun 2017.

Selain itu, Apel Siaga yang berlangsung di Halaman Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat Kabupaten Bangka pada Kamis (9/2/2017) itu, dipimpin secara langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Prof. Dr. Muhammad, S.IP., M.Si, dan juga dihadiri Ketua Bawaslu Babel, Bagong Susanto, SH, Direktur Sabara Polda Babel, Kepala Kesbangpol Babel, Kapolres Bangka, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten dan Kota se Babel.

Dalam arahannya, Ketua Bawaslu RI mengaku tahu Babel dalam sejarah Pemilu dan Pilkadanya tidak pernah membuat rusuh. “Selama ini, Pilkada yang di helat di Babel malah bisa menjadi contoh daerah lain. Kami yakin bahwa tanggal 15 Februari 2017 para penyelenggara Pilkada, Pemerintah Daerah (Pemda), aparat penegak hukum kembali sekali lagi membuktikan Babel akan mampu menjadi contoh pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur yang berintegritas,” ungkap Prof Muhammad.

Prof Muhammad dalam kesempatan itu juga menyebutkan, dari dulu, seluruh Bawaslu berserta jajarannya selalu mengingatkan Pemilu/Pilkada sejatinya milik rakyat, itu adalah hajatan rakyat, bukan hajatan Partai Politik (Parpol), Pemda, Pasangan Calon (Paslon) dan Tim Sukses (Timses), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, tetapi sesungguhnya pelaksanaan Pilkada adalah hajatan masyarakat, rakyat.

“Kalau kita yakini bahwa Pilkada itu adalah hajatan rakyat, maka harusnya sudah pada tempatnya tanggung jawab itu juga berada di rakyat. Tidak hanya mengandalkan pada penyelenggara Pemilu/Pilkada, Kepolisian, dan penegak hukum lainnya,” tegas Prof Muhammad.

Jadi, Ia kembali menegaskan sekaligus berharap semua pihak di Babel dapat mengulangi kesuksesan Pilkada Babel yang akan dibuktikan dalam Pilkada 2017.

Sementara itu sebelumnya, Plt Gubernur Babel, Dr Yuswandi A. Temenggung, yang diwakilkan kepada Asisten I Sekda Babel Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Haryoso, SH, mengimbau seluruh masyarakat di Babel untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur pada Rabu, 15 Februari 2017.

Imbauan tersebut disampaikan Haryoso saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Pemantauan Pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2017, yang dihadiri oleh Tim Desk Pilkada Babel di Ruang Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, Rabu (8/2/2017).

Haryoso menyebutkan, dalam persiapan pemantauan pelaksanaan Pilkada serentak 2017, yang dilakukan sudah melalui koordinasi dengan instansi terkait yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Babel. Termasuk, telah dilakukan Rakor antara Gubernur, Bupati/Walikota pada 3 Februari 2017 lalu.(Ahmad).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas