Babel Provinsi Pertama Kukuhkan Pejabat OPD yang Baru

Air Itam, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus melakukan pembenahan dalam segala bidang, termasuk didalamnya bidang kepegawaian. Hal itu dibuktikan telah dilantik dan dikukuhkannya Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Jabatan Administrator (Eselon III) dan Jabatan Pengawas (Eselon IV) di Lingkungan Pemprov Babel oleh Pt. Gubernur Babel Dr Ir Yuswandi A. Temenggung pada 30 Desember 2016.

“Babel adalah provinsi pertama dari 7 provinsi yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur di Indonesia, telah melakukan pelantikan dan pengukuhan terhadap pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru, sebagaimana di atur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah tanggal 19 Juni 2016,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Dr Yan Megawandi SH MSi, dalam amanatnya saat menjadi Pembina Upacara Mingguan Pegawai di Lingkungan Pemprov Babel, Senin (9/1/2017) di Halaman Kantor Gubernur Babel, Air Itam Pangkalpinang.

Pada kesempatan itu, Sekda menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim yang telah menuntaskan tugasnya di tahun 2016, khususnya terkait pembentukan OPD yang baru berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan pengisian dan pelantikan para pejabat dalam struktur OPD yang baru.

“Ada 635 jabatan yang sudah dilantik, dan itu adalah hal terbaik sampai saat ini yang bisa kami lakukan,” terang Yan Sekda.

Terkait dengan penyusunan OPD baru dalam struktur Unit Pelaksana Teknis Daerah dan cabang dinas OPD, Yan Megawandi menyebutkan belum seluruhnya terpenuhi, hal ini dikarenakan masih menunggu Peraturan Menteri Dalam Negeri.

“Kita harapkan semua UPTD dan UPTB untuk melaksanakan tugas dan fungsinya seperti biasa, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Peraturan Daerah (Perda) kita yang baru, dan surat edaran yang telah disampaikan kepada seluruh perangkat daerah, sehingga layanan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Yan Megawandi.

 

Selain itu, Sekda Yan Megawandi meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyelesaikan dan menyiapkan laporan pelaksanaan semua kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2016, termasuk penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Babel Periode 2012-2017, yang akan disampaikan kepada DPRD.

Di akhir amanatnya, Yan Megawandi mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemprov Babel, perlunya soliditas dan solidaritas. “Kita harus solid, tanpa kerjasama, tidak banyak hal yang bisa dilakukan dengan baik,” tutup Yan Megawandi.(Lulus).

Sumber: 
Biro Humas & Protokol Babel
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas