Babel Terima 24 CPNS Lulusan IPDN dari Kementerian Dalam Negeri

PANGKALPINANG - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima sebanyak 24 calon pegawai negeri sipil (CPNS) lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXIV dari Kementerian Dalam Negeri.

Serah terima CPNS IPDN itu, berlangsung di Ruang Pertemuan Pulau Ketawai Lantai II Kantor Bappeda Provinsi Babel  Kamis (19/7/2018), yang dihadiri Wakil Direktur Pusat Studi Otonomi Daerah pada IPDN, Halilul Khairil sekaligus pihak yang menyerahkan, dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman diwakili Kepala BKPSDMD Babel Sahirman selaku pihak yang menerima.

Selain itu, turut hadir sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, perwakilan BKPSDM Kabupaten dan Kota se Babel, yang menjadi tempat bertugas masing-masing CPNS IPDN tersebut.

Ke-24 CPNS IPDN tersebut merupakan Putra - Putri luar Babel. Mereka berasal dari Provinsi Jambi 13 orang, Sumatera Selatan 4 orang, Bengkulu 3 orang, Sumatera Utara 2 orang, Lampung 1 orang, dan Provinsi Kepulauan Riau 1 orang.

Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Direktur Pusat Studi Otonomi Daerah pada IPDN, Halilul Khairil, mengatakan, tahun 2018 merupakan tahun kedua implementasi Permendagri Nomor 78 Tahun 2017 tentang Penempatan dan Perpindahan Lulusan IPDN, yang menegaskan bahwa Lulusan IPDN ditempatkan lintas Provinsi dan di daerah-daerah perbatasan negara.

“Kebijakan penempatan ini, diilhami oleh Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN Tahun 2015-2019, dimana Pemerintah Kabinet Kerja menetapkan satu dari sembilan agenda prioritas (Nawacita) yaitu untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah da desa dalam kerangka negara kesatuan,” ungkap Halilul.   

Berdasarkan kebijakan pemerintah yang ditindaklanjuti dengan Permendagri Nomor 78 tersebut, ditambahkan Halilul, lulusan IPDN amgkatan XXIV akan ditempatkan dengan proporsi persentase 15 persen pada instansi pusat, 35 persen pada kawasan perbatasan negara, serta 50 persen pada pemerintahan daerah.

“Pesan saya selaku pimpinan Kemendagri kepada semua lulusan IPDN angkatan XXIV untuk selalu menjunjung tinggi integritas, loyalitas, dan disiplin dalam menjalankan tugas dimanapun ditempatkan,” kata Halilul.

Sementara itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman diwakili Kepala BKPSDMD Babel Sahirman menyampaikan selamat datang kepada CPNS lulusan IPDN angkatan XXIV yang akan melakukan penugasan dan penempatan pada Pemprov  dan Kabupaten/Kota di Babel.

“CPNS IPDN harus bisa menjadi pelopor reformasi birokrasi dengan memberikan pelayanan publik yang cepat, responsif, dan berkualitas. Selain itu, harus menjadi pribadi yang memiliki karakter, mentalitas dan pola pikir yang optimis, inovatif serta berani melakukan terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Sahirman.

CPNS lulusan IPDN itu juga diingatkan untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, melakukan kinerja dan disiplin kerja serta tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum seperti memakai narkoba, berkelahi dan bertindak asusila.

Disamping itu, Sahirman juga menyampaikan, kepada CPNS IPDN anggaran XXIV, agar menciptakan hubungan silaturahmi yang baik antar sesama PNS dan jangan jadikan keberhasilan menjadi suatu kesombongan yang mengakibatkan kerugian.

Kepada Pejabat Pimpin Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas Pemprov Babel dan Kabupaten/Kota diharapkan untuk melakukan pemantauan dan bimbingan kepada CPNS lulusan IPDN, agar senantiasa dapat bekerja dan menjalankan tugas serta tanggung jawab secara profesional.

Dalam kesempatan sama, selesai menerima 24 CPNS IPDN, Gubernur diwakili Kepala BPKPSDMD Babel menyerahkan kembali CPNS lulusan IPDN tersebut masing-masing 3 CPNS kepada Kabupaten/Kota yang diwakili BKPSDM daerah setempat, yang ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh kedua belah pihak.(Agus/Ahmad).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agus/Ahmad
Fotografer: 
Agus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas