Bahan Makanan yang Menyebabkan Kanker

Di bawah ini kita ulas beberapa jenis bahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan dan sebagai salah satu penyebab penyakit kanker. Pengetahuan ini insya Allah sangat penting dan sangat bermanfaat terutama bagi ibu-ibu dalam rangka menghindarkan putra-putri mereka dari penyakit kanker yang disebabkan oleh makanan tidak sehat.

  1. Penyedap MSG
    Penggunaan MSG (Monosodium Glutamat) dalam makanan sangat tidak baik untuk kesehatan apalagi dalam jumlah banyak dan berkepanjangan. MSG diyakini sebagai salah satu penyebab penyakit kanker.

    Saat ini MSG atau penyedap rasa banyak ditemukan pada produk makanan olahan seperti makanan kaleng, camilan ringan, daging olahan siap makan, mie instan, dan jajanan anak di sekolah.

  2. Pewarna sintetis
    Kecederungan anak-anak suka dan lebih tertarik terhadap makanan yang berwarna-warni apalagi yang mencolok. Pemerintah sebenarnya tidak kurang melakukan razia terhadap produk semacam ini di pasaran yang mengandung aneka zat pewarna di dalamnya seperti Rhodamin B (merah), methanil yellow (kuning), dan malachite green (hijau).

    Zat-zat pewarna tersebut sering digunakan dalam produksi tekstil pada pabrik kain ehingga jelas sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan kanker hati.

    Selain itu, kita sering juga menemukan produk makanan yang mengandung pewarna sodium sitrat sebab zat ini termasuk karsinogen (pemicu kanker) yang cukup kuat. Hati-hatilah dari daging yang kelihatan sangat merah, sosis berwarna mencolok atau kentang goreng yang warnanya kuning cemerlang karena produk-produk dengan penampakan seperti itu sangat kemungkinan mengandung sodium sitrat.

  3. Pemanis buatan (Sakarin/Aspartame)
    Pemanis buatan seperti aspartam di konsumsi dalam jumlah banyak atau dalam jangka waktu lama tidak baik untuk kesehatan jangka panjang karena termasuk zat kimia yang berpotensi kedepannya seseorang terserang kanker. untuk itu, pembelidituntut cermat dan hati-hati terhadap produk-produk makanan dan minuman yang beredar di pasaran. Salah memilih dan mengkonsumsi, kesehatan Anda di masa mendatang akan menjadi taruhan.
  4. Bahan Pengawet
    Begitu umumnya makanan yang berpengawet dijual dan hampir semua jenis pengawet dapat merugikan kesehatan sebagai salah satu pemicu penyakit kanker.
  5. Makanan yang mengandung Klorin seperti teh celup
    Klorin adalah suatu zat kimia yang  digunakan pada industri kertas sebagai pemutih dan disinfektan kertas. Nah itulah yang menjadi persoalan ketika Anda terbiasa dengan teh celup. Pada kertas pembungkus teh celup tidak jarang terdapat zat klorin yang berbahaya bagi kesehatan yang memicu penyakit kanker.
  6. Minyak goreng yang terhidrogenisasi
    Untuk memperpanjang masa kadaluarsa, tidak sedikit minyak goreng diproes dengan penambahan hidrogen dan metal katalis sehingga minyak lebih awet. Namun penambahan zat-zat tersebut berakibat minyak menjadi lemak trans yang beresiko kanker. Oleh karena berhati-hatilah terhadap produk kemasan yang bertuliskan minyak terhidrogenisasi.

Itulah beberapa zat kimia yang terkandung dalam produk-produk makanan. Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan, Hindarkan diri dan keluaraga Anda dari berbagai makanan penyebab penyakit kanker. (macammacamaner.blogspot.com)

Penulis: 
RSU Provinsi
Sumber: 
RSU Provinsi

Artikel

02/09/2016 | www.slideshare.net
16/11/2015 | www.slideshare.net
16/11/2015 | www.slideshare.net
16/11/2015 | www.slideshare.net
01/11/2014 | RSU Provinsi