Bahas Kondisi Lada Babel, Gubernur Erzaldi Gelar Diskusi Bersama Kalangan Eksportir

PANGKALPINANG – Pada Kamis (13/9/2018), Gubernur Kepulauan Bangka Belitung  Erzaldi Rosman menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait permasalahan lada Babel. FGD ini dihadiri beberapa pejabat Pemprov Babel dan  para eksportir lada Babel.

Gubernur Erzaldi menyatakan tujuan Pemprov Babel melaksanakan FGD bersama pihak eksportir lada guna memperoleh masukan maupun informasi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku usaha atau eksportir lada. “Juga tentunya   sekaligus meminta masukan dari mereka  untuk secara bersama-sama mencari solusi terbaik dalam rangka memotivasi para petani lada di Babel,” ujar Erzaldi.

Dengan demikian harap Erzaldi, hasil diskusi dalam FGD tersebut akan menjadi bahan masukan bagi Pemprov Babel dalam menentukan kebijakan strategis guna mengembalikan kejayaan Muntok White Pepper yang telah lama dikenal dunia sejak dulu kala.

Lebih lanjut Erzaldi mengatakan,  lada Babel merupakan anugerah Yang Maha Kuasa bagi Provinsi Babel. “Jadi hal ini harus kita pertahankan dan mau tidak mau harus ada sinergisitas antara Pemprov Babel dengan berbagai pihak, termasuk pihak swasta dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu lada Babel,” ujar Erzaldi.

Selain itu Erzaldi berharap melalui FGD tentang lada Babel dapat menjadi bahan kajian Pemprov Babel untuk mengetahui kondisi nyata tentang dinamika sektor unggulan Babel ini. Pemprov Babel terus konsisten mensosialisasikan sistem resi gudang, membangun fasilitas tempat perendaman lada yang langsung dikelola oleh BUMDES di tiap desa, dan pemberian bibit unggul lada kepada para petani.

FGD tentang lada Babel ini turut dihadiri oleh Asisten Setda  Babel Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Budiman Ginting, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Sunardi, Kepala Dinas Pertanian Babel, Toni Batubara, dan Kepala Biro Perekonomian Setda Babel Saimi. Kemudian hadir  pula sembilan orang eksportir lada Babel serta sejumlah awak media.

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agus Purnama
Fotografer: 
Agus Purnama
Editor: 
Irwanto
Bidang Informasi: 
Humas