Bahas Usulan Diskresi, Giliran Bupati Belitung Diundang Gubernur Erzaldi

PANGKALPINANG - Setelah dua hari sebelumnya secara berurutan, menggelar pertemuan dengan Bupati Bangka Tengah dan Bupati Bangka, Kamis (16/5/2019), giliran Bupati Belitung yang di undang Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan usulan Diskresi Dalam Rangka Percepatan Pembangunan, Kelancaran Penyelenggaraan Pemerintahan dan Mengatasi Stagnasi, serta Memberikan Kepastian Hukum Bagi Masyarakat dan Dunia Usaha Terkait Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Bidang Kelautan dan Perikanan Babel tersebut, Gubernur Erzaldi meminta masukan langsung dari Bupati Belitung.

“Betapa tidak pedulinya kita jika menunda-nunda pembangunan yang sifatnya pelayanan kepada masyarakat, karena Perda Rencana Zonasi dan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) yang belum selesai, menyebabkan Ekonomi dan Investasi terhambat,” ujar Gubernur.

Dijelaskannya, syarat Diskresi adalah permintaan dari bawah, yaitu masyarakat ke Bupati, selanjutnya disampaikan ke Gubernur, dan oleh Gubernur dibawa ke Kemendagri.

Kemendagri, katanya, memberikan Jadwal kepada Pemprov Babel untuk mengajukan Usulan Diskresi. “Oleh karenanya, saya meminta masukan kepada Bupati mengenai apa saja yang menjadi usulan dan akan diajukan ke Kemendagri,” tegas Gubernur Erzaldi.

Gubernur juga meminta agar semua usulan dari Kabupaten/ Kota yang ada, dibuat dengan format yang sama serta kelengkapannya, sehingga pada saat penguaulan diskresi ke Kemendagri nanti sudah fix semuanya.

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh mengatakan, Kebijakan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam pemanfaatan Pulau - Pulau Kecil melalui Diskresi.

Namun, dikarenakan ada sedikit kekurangpahaman, maka Bupati Belitung meminta waktu selama 3 hari untuk menyiapkan usulan yang akan menjadi fokus utama, seperti pembangunan dermaga, dan pemanfaatan Pulau - Pulau Kecil untuk Pariwisata.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Tanjung Pendam Lantai II Kantor Gubernur itu, turut diikuti Asisten Setda Babel Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar, jajaran OPD terkait di lingkup Pemprov Babel, dan jajaran OPD terkait Pemkab Belitung.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas