Bangka Tengah dan Beltim Cocok Ditanami Kopi, Wagub Ajak Investor Berinvestasi

PANGKALPINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang lebih dikenal dengan daerah penghasil timah, ternyata juga menyimpan potensi yang menjanjikan untuk sektor pertanian. Seperti di Kabupaten Bangka Tengah dan Belitung Timur (Beltim) tanahnya cocok ditanami Kopi.

“Kami sudah berkeliling di seluruh Babel. Kami sudah mencari tahu dari 6 Kabupaten dan 1 Kota, kami bisa memberikan keyakinan dari riset kami, semua wilayah Babel cocok di tanam Karet, Sawit, Lada. Dan khusus untuk Bangka Tengah dan Beltim tanah di tempat itu cocok untuk Kopi,” ungkap Dwi Rahmina selaku Tenaga Ahli Pertanian dan Perkebunan dari IPB, dalam paparan studi kelayakan potensi investasi di Babel, yang berlangsung di Ruang Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, Kamis (19/7/2018).

Hal tersebut, ditegaskan Dwi, sesuai data yang mereka dapatkan, berupa Studi Literatur, Survey dan wawancara. “Tetapi, dari kesemua kinerja, kami menganalisa dan mengidentifikasi. Sesuai bukti lapangan yang kami dapatkan, maka Babel sangat berpotensi untuk majunya sektor pertanian, dan juga sektor perkebunan," ujar Dwi Rahmina.

Dengan adanya hasil riset tentang potensi pertanian di Babel tersebut, maka Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah yang didampingi Kepala DPMPTSP Babel, Syafitri, mengajak para investor agar tidak takut berinvestasi dibidang perkebunan di Babel.

“Daerah kita memang potensial untuk berinvestasi. Terhadap wilayah yang memiliki potensi untuk sektor perkebunan maupun pertanian, kita akan jaga  dan akan kembangkan, sehingga para investor kita akan tetap merasa nyaman berinvestasi di Babel," ujar Wagub. 

Wagub juga mengajak instansi terkait bersama-sama masyarakat menggali potensi-potensi bidang perkebunan yang dimiliki ini. (Imam)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
imam
Fotografer: 
imam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas