Beri Arahan di Musrenbang, Wagub Ajak Pemkab Bangka Perjuangkan Trans Bangka-Sumatera

SUNGAILIAT, KABUPATEN BANGKA – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka untuk bersama-sama memperjuangkan realisasi konektivitas trans Pulau Bangka-Pulau Sumatera.

Menurut Wagub, saat memberikan arahan di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bangka Tahun 2019 di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat Kabupaten Bangka, Babel, Selasa (13/3/2018), banyak dampak posotif yang akan didapatkan apabila Trans Bangka-Sumatera terealisasi.

“Salah satu dampak yang jelas nantinya yaitu inflasi akan dapat ditekan sedemikian rupa. Harga-harga kebutuhan bahan pokok akan relative murah, karena akses lalu lintas barang dan kendaraan akan lancar menggunakan jalan darat,” terang Wagub Abdul Fatah.

Selain menjadi akses konektiviti Pulau Bangka-Sumatera, juga akan berlanjut dengan konektiviti Pulau Bangka-Belitung.

“Untuk itu, mari Pemkab Bangka dan Pemerintah Provinsi  bersama-sama memperjuangkan Trans Bangka-Sumatera ini ke Pusat agar bisa terealisasi. Rencananya Bapak Presiden akan kunjungan kerja ke Babel dalam waktu dekat. Hal ini akan kita sampaikan langsung kepada beliau (Presiden),” ujar Wagub.

Wagub menyebutkan, panjang Jembatan yang rencananya diusulkan sebagai lintas Trans Bangka-Sumatera tersebut, kurang lebih  13,5 kilometer dengan total anggaran yang dibutuhkan kisaran dua kali APBD Pemprov Babel.

Selain itu, pada kesempatan sama Wagub Abdul Fatah juga mengajak Pemkab Bangka untuk mensinergikan arah dan kebijkan RKPD dengan Pemprov Babel dan Pemerintah Pusat, mana masuk ranah Kabupaten, mana ranahnya Pemprov dan mana ranahnya Pemerintah Pusat.

“Saya berharap RKPD Kabupaten Bangka Tahun 2019 ini, mendapatkan hasil yang baik dalam rangka pelaksanaan pembangunan di Bangka khususnya dan Provinsi Babel pada umumnya,” kata Wagub.

Wagub juga saat memulai arahannya, sempat menampilkan sebuah tayangan motivator sekelompok hewan Kepiting yang bekerja bersama-sama mampu mengalahkan seekor kepiting besar yang bekerja sendirian.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Bupati Bangka, Rustamsyah, menyampaikan permintaannya kepada Pemprov Babel agar dapat membantu proses pembangunan yang ada di Kabupaten Bangka. “Kami sadari hingga saat ini anggaran yang kami miliki terbatas. Namun, kami berkomitmen focus pembangunan ke sektor Pariwisata,” ungkap Rustamsyah.

Rustamsyah juga meminta kepada Kepala OPD yang dipimpinnya agar proaktif terhadap pembangunan yang diinginkan masyarakat. Kemudian, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Bangka, katanya, jangan megedepankan ego masing-masing, output harus jelas, buat sinergitas, dan yang terpenting laksanakan pembangunan dengan niatan ibadah.

Pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2019 Kabupaten Bangka ini, turut dihadiri Perwakilan Kementerian Pariwisata, Kemenko Kemaritiman, Bappenas, dan 600 perwakilan anggota DPRD, OPD, unsur Forkopimda, Camat, Kades, Ormas, OKP, Perbankan, dan elemen terkait lainnya di Kabupaten Bangka.

Di akhir Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Bangka 2019 ini, Wagub Abdul Fatah menerima cinderamata dari Pelaksana Tugas Bupati Bangka Rustamsyah. (Lulus/Ahmad).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus/Ahmad
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas