Buka Rakerda, Sekda Ajak jaga Citra Baznaz

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, diwakili Sekda Babel Yan Megawandi, Jumat (19/4/2019) pagi, membuka secara Resmi Rapat Kerja (Rakerda) Badan Zakat Nasional (Baznas) Babel Tahun 2019.

Pembukaan Rakerda ini, berlangsung di SUN Hotel, Pangkalpinang, dihadiri Munzir Suparta Pengurus Baznas Pusat, Kepala Kanwil Kemenag Babel, Ketua dan jajaran Baznas Babel, Perwakilan Kabupaten/Kota, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutan mewakili Gubernur Erzaldi, Sekda Yan Megawandi mengajak Baznas Babel untuk bekerja sepenuh hati, mengutamakan kepentingan umat dan juga masyarakat.

“Kita harus amanah dan professional, dan peran kerja daerah untuk mengentaskan kemiskinan harus benar - benar bisa terlaksana dengan baik. Mari kita bersinergi untuk visi dan misi ini, terlaksana dengan semangat untuk memerangi kemiskinan,” seru Sekda.

Bahkan, lanjut Sekda, Negara, baik itu oleh founding father dahulu, telah menginginkan untuk memerangi kemiskinan.

Menurut Sekda, walaupun di Babel angka kemiskinan masih relatif kecil, itu bukan untuk jadi suatu kebanggaan, melainkan harus tetap berusaha untuk bisa menghapuskannya, khusunya di daerah yang memiliki masalah stunting.

“Kami berharap sinergi ini, terus berkelanjutan, karena kami di Provinsi ada penugasan untuk di desa seperti pejabat eselon 2 untuk terus memonitor, dan kita akan gali bagaimana mengatasinya,” ujar Yan.

Sebentar lagi, kata Sekda Yan, memakui bulan Ramadhan. Oleh karena itu, promosikan dan sosialisasikan masalah zakat ini, melalui Baznas, karena banyak masyarakat yang tidak tahu atau masih meragukan tentang Baznaz yang sudah ada dasar hukumnya ini.

“Mari kita jaga bersama citra Baznaz ini. Kami Pemerintah Provinsi akan terus membantu dengan aturan yang berlaku dengan tujuan peningkatan dari Baznaz dan kesejahteraan dan pemerataan ekonomi masyarakat," tutup Sekda.

Sebelumnya, Ketua Baznas Babel, Sofyan Tsauri dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari diadakan Rakerda Baznaz ke - 8 ini, untuk menertibkan regulasi sumbangan dana dalam rangka ikut mengentaskan kemiskinan.

"Melalui Rakerda ini, kita akan berpartisipasi dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Babel, dan kita akan terus menyantuni para fakir miskin, membangun rumah dhuafa, yang setiap tahun jumlahnya akan terus meningkat. Termasuk pada bidang kesehatan dengan operasi gratis baik ke Jakarta atau ke Palembang. Dan saya mengajak kita semua, mari bekerja lillahi ta’ala," ajak Ketua Baznas Babel.

Dalam kesempatan sama, Kakanwil Kemenag Babel, diwakili Abdul Aziz, juga mengajak para peserta Raperda Baznas untuk bekerjasama dan terus ikut dalam mengembangkan Baznas Babel.

"Kita akan terus melakukan inovasi terbaru, baik untuk tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota, dengan dana dari pusat, yang akan dikelola oleh Kakanwil Kemeng Babel. Saya harap kita tetap memiliki koordinasi yang baik," ungkapnya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas