Cegah Virus Corona Pemprov Babel Gelar Gerakan Kebersihan Lingkungan

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Pemprov Babel melalui Sekda, Naziarto mengimbau masyarakat untuk tetap tenang  dan tidak panik dalam menghadapi merebaknya  virus corona yang kini telah melanda Indonesia.  Masyarakat juga diminta selalu meningkatkan pola hidup sehat dan bersih serta  mengkonsumsi makanan sehat, bergizi, dan berimbang karena virus itu tergantung pula pada daya tahan tubuh manusia.

Menurut Naziarto, di Babel sendiri melalui pihak terkait telah disiapkan berbagai langkah terhadap pencegahan maupun penanganan virus ini. Termasuk dalam waktu dekat ini pihaknya bersama-sama pemerintah kabupaten/kota akan melakukan upaya gerakan gotong royong kebersihan terhadap lingkungan.

Perhatian Pemprov Babel untuk  pencegahan mewabahnya virus corona  ini menjadi perhatian serius Gubernur Babel Erzaldi Rosman. "Pak  Gubernur Babel Erzaldi Rosman akan turun langsung ke mayarakat, termasuk Jumat ini rencananya ke Kabupaten Belitung Timur,” ujar Naziarto pada Selasa (3/3) melalui press release yang disampaikan Bagian Humas Pemprov Babel.

Gubernur Erzaldi, menurut Naziarto telah menginstruksikan kepada seluruh OPD  di lingkungan Pemprov Babel untuk  turun ke masyarakat bersama siswa SMA/SMK  guna  memberikan edukasi dan sosialisasi tentang virus corona ini.

Dalam aksi kebersihan lingkungan ini, Pemprov Babel akan mengajak dan bersama-sama pemerintah kabupaten/kota melakukan gerakan meningkatkan kebersihan lingkungan dengan tema “Lindungi Diri Kita dari Virus Corona dengan  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBDS)”.

Gerakan ini antara lain dengan melakukan gotong royong membersihkan lingkungan di setiap kawasan yang ada di kabupaten/kota dan melakukan edukasi atau sosialisasi mengenai pola hidup sehat kepada masyarakat.  

“Sehingga secara dini masyarakat dapat mengantisipasi terjadinya penularan penyakit termasuk virus corona yang kini telah melanda negara kita,” tukas  Naziarto.

Lebih jauh dikatakan Naziarto, Pemprov Babel juga telah menyiapkan tiga rumah sakit rujukan untuk menangani pasien yang terserang virus corona sebagai langkah mengantisipasi  penyebaran virus berbahaya tersebut. 

"Kami sudah menyiapkan rumah sakit rujukan yang dilengkapi ruang isolasi dan obat-obatan di Pulau Bangka dan Pulau Belitung," tutur Naziarto.

Berdasarkan informasi dari pihak Dinas Kesehatan Babel,  tiga rumah sakit rujukan penanganan pasien corona tersebut adalah  RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Babel dengan dua ruang isolasi, RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang dengan dua ruang isolasi dan Rumah Sakit Marsidi Yudono Kabupaten Belitung dengan tiga ruang isolasi.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Irwanto/Humas dan Protokol Babel
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Irwanto
Bidang Informasi: 
Humas