Dibuka Wagub, 100 PHL Pemprov Babel Ikuti Sosialisasi Pelatihan Kewirausahaan

PANGKALPINANG - Sebanyak 100 orang Pekerja Harian Lepas (PHL) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengikuti Sosialisasi Pelatihan Kewirausahaan.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Babel, dengan tujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa wirausaha, khususnya bagi PHL di lingkup Pemprov Babel tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah, di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, Senin (11/2/2019), pagi.

Wagub dalam arahannya, mengatakan, selama ini, para PHL atau yang biasa dikenal dengan sebutan tenaga kontrak hanya terfokus pada pekerjaannya saja. Oleh sebab itu, melaui kegiatan sosialisasi ini, Wagub Abdul Fatah mengharapkan, para PHL dapat terbangun jiwa dan semangat kewirausahaannya, sehingga nantinya mampu mengembangkan kreatifitas wirausahanya.

“Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM ini, untuk menggugah jiwa wirausaha agar terbangun suatu semangat, sehingga melahirkan motivasi dalam diri PHL dan kreatifitas-kreatifitas yang nantinya memiliki nilai jual,” ujar Wagub.

Kewirausahan yang dimiliki oleh PHL ini, lajut Wagub, nantinya akan menjadi nilai tambah bagi diri PHL bersangkutan, dengan begitu, dapat meningkatkan ekonomi keluarganya.

"Kewirausahaan yang dimiliki PHL dapat memberikan nilai tambah, sekaligus berkontribusi bagi perekonomian, terutama pertumbuhan UMKM di Bangka Belitung," imbuh Abdul Fatah.

Wagub menambahkan, jiwa kewirausahan harus di pupuk sedini mungkin, sehingga nantinya jika sudah dewasa sudah memiliki jiwa usaha dan tinggal mengembangkannya saja. “Saya mencontohkan, jika anak kecil diajarkan wirausaha oleh orang tuanya, maka akan tertanam semangat wirausaha,” ungkap Wagub.

Wagub dalam sambutan akhirnya meminta kepada para calon wirausaha untuk dapat memanfaatkan media sosial dengan berjualan di dunia maya. “Selamat meningikuti sosialisasi  ini, mudah-mudahan  mampu menggugah sanubari saudara untuk menjadi wirausaha nantinya,” kata Wagub.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Sosialisasi Pelatihan Kewirausahaan bagi PHL di Lingkungan Pemprov Babel sekaligus Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elfiyena menegaskan, tujuan diadakannya sosialisasi yaitu untuk memupuk jiwa wirausaha para PHL di lingkup Pemprov Babel, sehingga apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan nantinya terjadi, para PHL bisa berwirausaha.

“Setelah ini, diharapkan kepada bapak dan ibu untuk memberikan informasi ini, kepada rekan - rekan sesama PHL yang berada di kantornya, sehingga dapat memotivasi para PHL yang ada di lingkungan kita,” tukasnya.

Elfiyena menyebutkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini, adalah perwakilan dari masing-masing Organisasi Perangkat  Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Babel. “Kita sudah kirimkan surat ke OPD, kita minta 3 orang peserta untuk ikut acara ini,” tuturnya.

Selain para PHL atau tenaga Kontrak di lingkungan Pemprov Babel, acara Pembukaan kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kep Babel Elfiyena, Kepala UPT Balai Latihan Koperasi Babel, Suparman Effendi, dan narasumber lainnya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas