Distributor dan Pengecer Diminta Menyesuaikan Harga

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diwakili Asisten Setda Babel Bidang Perekonomian dan Pembangunan membuka Pertemuan Koordinasi Pengendalian Stabilitas Harga dan Pasokan Bahan dalam Rangka Memasuki Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H Tahun 2019.

Koordinasi yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Hotel Bangka City Hotel, Senin (22/4/2019) ini, turut dihadiri Pejabat terkait di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Polda dan jajarannya, Tim Satgas Pangan Babel, Tim Jejaring Pangan Babel, Pengelola Pasar Modern, Distributor, Grosir, Pengecer atau pemasok sembako, pemasok ikan laut, pemasok minyak dan gas elpiji, pemasok dan distributor daging sapi.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh  Asisten  Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar, Gubernur Erzaldi memberikan apresiasi kepada Tim Satgas Pangan Babel yang telah melakukan pengawasan dan pengendalian harga bahan pokok yang ada di Babel.

“Menjelang Bulan Ramadhan, beberapa daerah akan melaksanakan ruwahan, sehingga bahan pokok yang dibutuhkan akan semakin banyak. Untuk itu, dalam menghadapi bulan ramadhan dan Idul Fitri  tahun 2019 ini, diharapkan kepada Satgas Pangan Babel, agar saling bersinergi dalam melakukan pengawasan dan pengendalian kebutuhan pokok, sehingga bahan pokok menjelang Bulan Ramadhan dan Lebaran dapat stabil,” kutip Yanuar.

Seiring dengan itu, kepada Distributor dan Pengecer juga diminta dapat menyesuaikan harga yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga harga di Pasar-pasar yang ada di Babel dapat stabil dan tidak terjadi fluktuasi harga.

Sementara itu, di tempat terpisah Kepala Dinas Pangan Ahmad Damiri menjelaskan,  pertemuan ini, dalam rangka mencari solusi yang saat ini berlangsung di Babel, dimana terdapat komoditi kebutuhan pokok yang sudah mengalami kenaikan harga.

“Pertemuan ini, merupakan pertemuan Pemprov Babel dan juga kabupaten/kota ataupun yang mewakili bersama dengan distributor, agen dan pengecer, dalam mencari solusi terkait dengan  ada beberapa komoditi yang memang sudah ada kenaikan pada hari ini,” tegas Ahmad Damiri.

Apabila terdapat permasalah yang terjadi di lapangan, kata Damiri, akan didiskusikan bersama-sama dengan pemerintah daerah, juga instansi terkait, agar permasalahan tersebut dapat dikendalikan.

Hal senada diungkapkan Ketua Tim Satgas Pangan Babel, Indra. “Satgas Pangan akan melakukan pengawasan dan pengendalian, juga apabila terdapat pelaku usaha yang nakal akan ditindak tegas,” ungkap Indra.

Indra menyebutkan, beberapa waktu yang lalu, juga telah dilakukan penindakan bagi pelaku usaha yang ada di Babel.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas