Dukung Pencapaian Target Angka Inflasi, Gubernur Tandatangani Kesepakatan Bersama Bupati/Walikota

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, Selasa (20/3/2018) pagi melakukan penandatanganan bersama Kesepakatan Bersama Bupati/Walikota se- Babel tentang Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Kegiatan Penandatangan Kesepakatan Bersama itu, selain dihadiri Bupati/Walikota, juga dihadiri Anggota TPID Babel diantaranya Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Badan Pusat Statistik Babel, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Pemprov Babel, Sekda Kabupaten/Kota, dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Didalam Nota Kesepakatan Bersama itu disebutkan, dalam rangka mendukung upaya Pencapaian Target Angka Inflasi secara Nasional Jangka Menengah, yaitu Tahun 2019-2021 sebesar 3,5 hingga 1 persen, maka Gubernur dan Bupati/Walikota bersepakat: Pertama, berupaya secara maksimal dan optimal mengendaikan inflasi di Babel melalui program dan kegiatan yang ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kedua, menganggarkan setiap kegiatan yang berkaitan dengan upaya pengendalian inflasi seperti meningkatkan produksi sumber daya ekonomi, melancarkan jalur distribusi dan tata niaga, peningkatan infrastruktur dan konektivitas, percepatan revitalisasi informasi dan komunikasi, sosialisasi dan pencerahan pola konsumsi kepada masyarakat, penguatan kapasitas aparatur dari kelembagaan di APBD I, APBD II dan APBN.

Ketiga, berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, Lembaga/Instansi Vertikal di Daerah dalam Upaya Pengendalian Inflasi. Keempat, TPID sangat memerlukan dukungan Tim Satgas Pangan dalam Upaya Pengendalian Inflasi.

“Saya minta kepada TPID di Kabupaten/Kota agar melibatkan Satgas Pangan secara ketat, hubungan komunikasi dengan Satgas Pangan dijalankan dengan baik, betul dan benar. Kawan-kawan Satgas Pangan itu sangat senang diajak ke lapangan, mereka akan tahu informasi tentang keberadaan barang-barang dan penyalahgunaan system,” kata Gubernur saat memberikan arahan dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Gubernur dan Bupati/Walikota se- Babel terkait Upaya Pengendalian Inflasi di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, Selasa (20/3/2018) pagi.

Gubernur mengingatkan, apa akan dilakukan ini akan kuat hasilnya ketika melakukannya secara massif. “Misalnya pengawasan Pelabuhan Pangkalbalam dilakukan, tapi di Muntok lepas. Memang, kewenangan Bupati di Pelabuhan tidak signifikan, tidak apa-apa, tapi masukan dari Bupati sangat kami butuhkan,” ujar Gubernur Erzaldi.

Gubernur mencontohkan ketika lebaran kemarin, kendaraan Sapi  didahulukan bawa Sapi dari Sumatera, begitu sampai ke Bangka dia turunkan Sapinya. Kemudian, mobil pengangkut sapi yang kosong itu mau balik ke Sumatera, dan oknum Petugas Pelabuhan tahu kendaraan itu pengangkut sapi. Namun, mereka berdalih kendaraan tersebut tidak membawa sapi.

Agar kendaraan bisa cepat menyeberang dan mendapatkan prioritas, kata Gubernur, mau tidak mau akhir si sopir kendaraan pengangkut sapi tadi membayar sejumlah uang ke oknum petugas pelabuhan.

Atas kondisi itu, ditambahkan Gubernur, imbasnya harga daging sapi yang dinaikkan. “Apalagi ini menghadapi Puasa Ramadhan, teman-teman TPID harus bisa mengantisipasi lonjakan harga sembako termasuk daging Sapi di Babel,” imbuh Gubernur Erzaldi.(humasprov).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas