Erzaldi : Proyek Tol Lintas Sumatera Harus Berdampak ke Bangka

PANGKALPINANG- Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan meminta agar proyek pembangunan infrastruktur Jalan Tol Lintas Sumatera berdampak kongkrit dan dapat dinikmati masyarakat Bangka Belitung.

"Rencana pemerintah menghubungkan jalan tol lintas sumatera adalah hal bagus. Tapi hal itu harus berdampak hingga Babel agar seluruh provinsi di wilayah sumatera ini bisa menikmati multiplier effect ekonomi dari pembangunan itu," kata Erzaldi, dalam rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera di Swiss-bell Hotel Jambi, Senin (9/10/2017).

Selain dihadiri gubernur dari wilayah Sumatera dan Kepulauan Bangka Belitung, rapat koordinasi ini juga dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo; Menteri PUPR, Basoeki Hadimuljono dan Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Dalam rakor ini, Erzaldi membawa kepentingan masyarakat Bangka Belitung.

Keberadaan Tol Sumatera, kata dia, sudah semestinya memberi stimulan pembangunan wilayah bagi seluruh kepulauan di Sumatera, termasuk Bangka Belitung. Orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai ini juga menegaskan, keberadaan Tol Sumatera jangan disia-siakan untuk lalulintas kendaraan pribadi semata.
“Akan lebih efektif lagi jika ada jembatan penghubung antar Pulau Sumatera dan Kepulauan Bangka Belitung. Jembatan ini bisa sekaligus rintisan infrastruktur untuk kereta, misalnya. Tapi harus dimulai perencanaannya oleh Pemerintah Pusat (Bappenas). Dengan demikian arus orang, barang dan modal dari dan ke Babel akan semakin lancar," ungkapnya.

Data Kementerian PUPR menyebutkan, Tol Lintas Sumatera ini membentang dengan rute Palembang-Indralaya seksi I (7,75 km), Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi I (61,7 km), Bakauheni-Terbanggi Besar seksi I (8,9 km) dan seksi II (5,02 km), dan sebagai rute penutup yakni Medan-Binjai seksi I (6,18 km).(Bambang).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Bambang
Fotografer: 
Bambang
Editor: 
Bambang
Bidang Informasi: 
Humas