Finalis Putri Pariwisata Babel Diharap Berikan Pemahaman Stunting ke Masyarakat

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Babel, Darlan, mengharapkan Finalis Putri Pariwisata Babel bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat Babel terkait Stunting.

“Stunting kita ini nomor 3 terbanyak,” kata Darlan, saat beraudiensi dengan 15 Finalis Putri Pariwisata Babel, di Ruang Tanjung Pendem Lantai II Kantor Gubernur Babel, di Air Itam, Pangkalpinang, Kamis (11/4/2019).

Darlan menjelaskan, salah satu munculnya Stunting karena terlalu cepat menikah di usia muda. Oleh sebab itu, katanya, hindari pernikahan di usia dini.

“Stunting itu diakibatkan dari pernikahan dini. SMA sudah menikah, efeknya anak yang dilahirkan menjadi kurang gizi. Secara mental kurang, hal itu terjadi karena alat reproduksi belum sempurna,” jelasnya.

Asisten Setda Darlan mengimbau kepada masyarakat jangan menikah terlalu dini. “Kita upayakan untuk Babel ini, di atas 20 tahun, dan kita rata - rata mau masuk 20 tahun ke bawah,” ujarnya.

Selain Stunting, Darlan juga memita Finalis Putri Pariwisata Babel, agar mampu merubah mindset masyarakat Babel tentang menikahkan anaknya di bawah umur.

“Mindset orang tua menyuruh anak menikah cepat harus dirubah. Bukan anak harus bekerja dulu, sukses dulu,” tambah Asisten Administrasi Umum. 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas