Giliran Pelajar dan Mahasiswa se-Bangka Diberi Bimbingan Pranikah

SUNGAILIAT, KABUPATEN BANGKA - Untuk sekian kalinya, dalam rangka upaya untuk menekan tingginya angka pernikahan usia dini masyarakat Babel, sehingga dapat mengurangi tingkat perceraian dan kehamilan di usia dini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, melalui Biro Kesejahteraan Rakyat, Setda Babel menggelar Kegiatan Pembinaan Mental dan Spiritual Masyarakat Babel. Untuk kali ini, giliran Bimbingan Pranikah adalah Pelajar dan Pelajar se-Bangka.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang diwakili Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Babel, H.K.A Cholil, didampingi Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sungailiat, KUA Sungailiat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dalam sambutannya saat membuka Kegiatan tersebut di SMK Negeri 1 Sungailiat, Kabupaten, Rabu (11/4/2018), mengatakan, pada dasarnya dalam membangun sebuah bahtera rumah tangga atau keluarga, tujuannya adalah untuk menuju keluarga yang Rukun, Sakinah, Mawadah dan Warohmah.

Selain itu, ditambahkannya juga, menjadi keluarga yang Istikomah dan Barokah. Oleh sebab itu,  dalam mencapai suatu keluarga yang harmonis, dibutuhkan kesiapan yang mantap, baik fisik dan mentalnya.

“Fisik dalam arti secara Usia telah mencapai yang dicanangkan oleh pemerintah, sesuai dengan arahan BKKBN orang menikah setidak-tidaknya berumur 21 bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki. Sedangkan mental adalah kesiapan jiwa termasuk di dalamnya Iman dan Taqwa, sehingga dapat membina dan keluarganya dengan Iman dan Taqwa tersebut,” jelas Cholil.

Kegiatan ini, menurutnya, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas iman dan taqwa serta karakter pemuda/pemudi Bangka Belitung.

Cholil diakhir pesannya, mengajak para Pelajar dan Mahasiswa untuk menyaring setiap Informasi yang ada. “Kuatkan Iman dan selektif terhadap informasi, khususnya yang ada di medsos,” ungkapnya.

Kasubbag Kelembagaan dan Bina Kerukunan Beragama  Biro Kesra Setda Babel, Sulfa Kalsum, dalam laporannya menyampaikan, Kegiatan Pembinaan Mental dan Spiritual Masyarakat Babel, dengan Fokus Bimbingan Pranikah Bagi Mahasiswa dan Pelajar, di Kabupaten Bangka ini, merupakan kegiatan ke- 4 yang telah dilaksanakan dengan Tema yang sama.

Sebelumnya, kata dia, kegiatan serupa dilaksanakan di Kabupaten Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

“Di SMK Negeri 1 Sungailiat ini, diikuti 100 Peserta, utusan dari berbagai Universitas dan Sekolah yang ada di Kabupaten Bangka, seperti STISIPOL, SMK Negeri 1 Sungailiat, SMA Negeri 1 Sungailiat, SMA Negeri 1 Belinyu, SMA Negeri 1 Bakam, dan SMA Setia Budi Sungailiat,” paparnya.

Dalam Kegiatan ini, juga menghadirkan narasumber dari Kantor KUA Sungailiat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka. 

Kegiatan sehari ini, diakhiri dengan Pemberian Penghargaan kepada SMK Negeri 1 sebagai Fasilitator dalam Bimbingan Pranikah Bagi Mahasiswa dan Pelajar ini.(Lulus).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas