Gubernur Akan Bentuk Dewan Rempah

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) H. Erzaldi Rosman merencanakan akan membentuk Dewan Rempah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita akan segera membentuk dewan rempah. Saat ini, tidak ada dewan rempah,” kata Gubernur Kamis, (13/7/2017) usai menghadiri kegiatan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 Provinsi Kepulauan Babel di Lantai III Kantor Gubernur Babel.

Untuk melantik Dewan Rempah Provinsi Babel, Gubernur rencananya akan mengundang orang nomor satu di Indonesia yaitu Presiden RI,  sekalgus menghadiri rapat pertama Dewan Rempah.

“Nanti, melaui gerakan nasional lada, kita undang dewan rempah pusat untuk seminar di sini, dan saya berharap Presiden untuk hadir dalam melantik Dewan Rempah Provinsi Babel, sekaligus menghadiri rapat kerja dewan rempah,” lanjut Gubernur.

Dijelaskan Gubernur, tugas Dewan Rempah Provinsi Babel yaitu memberdayakan rempah-rempah berupa lada dan karet yang berada di Provinsi Babel. “Jadi, memberdayakan lada dan karet melalui dewan rempah,” tungkas Gubernur.

Mengenai orang-orang yang masuk kedalam kepengurusan Dewan rempah Provinsi Babel yaitu diambil dari Masyarakat Babel yang paham dan mengerti rempah lada dan Karet. “Kita ambil dari yang ahlinya, yang paham akan sektor lada dan karet,” tegasnya.

Gudang lada, lanjut dia, direncanakan Gubernur akan beroperasi pada tahun 2018, dan pembangunannya bekerjasama dengan Bank.

“Koperasi lada sudah terbetuk kemarin. Direncanakan resi gudangnya di Basel. Labolatoriumnya juga di Basel. Tahun depan kita bangun gudangnya bekerjsama dengan bank BJB,” tandasnya.

Gubernur menyarankan, jika harga lada mulai menurun, sebaiknya masyarakat jangan menjuala ladanya secara keseluruhan. Juallah lada secara bertahap. “Kalau harga murah, tahan, jangan di jual dengan cara menjual lada sedikit-sedikit,” tuturnya. (Mislam).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas