Gubernur Babel Buka Festival Kuliner

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM membuka Gelaran Festival Kuliner "Lalaper Food 2017 Festival-Mari Berpesta, Jangan Lupa Bahagia" di Alun-Alun Taman Merdeka, Kamis (21/9/2017) malam.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari, terhitung 21 - 24 September tersebut, diikuti sekitar 16 IKM dan UKM serta Perwakilan PKK dari Kabupaten/Kota.

Gubernur Erzaldi Rosman dalam sambutannya mengatakan, Festival Lalaper Food 2017 ini merupakan Festival Kuliner pertama di Babel di masa kepemimpinanya.

Ia berharap, dengan festival makanan ini dapat memperkenalkan makanan khas Babel lebih mendunia.

"Kami mengadakan ini, agar masyarakat kita dan tamu-tamu  yang berkunjung ke Babel lebih mengenal makanan Babel. Jangan beranggapan orang tau dan kenal dengan makanan khas Babel, kalau mereka mengenal, mencoba, mereka akan membayar," kata Gubernur.

Gubernur juga berharap para pelaku UMKM di Babel juga dapat menyajikan makanan yang tidak mengecewakan para tamu, dan malah sebaliknya akan terkesan dengan masyarakat Babel.

"Masyarakat, terutama tamu kita yang belum kenal akan lebih kenal, jadikan makanan babel punya nilai untuk menjual agar bisa lebih mendunia, makanan Babel ini memiliki ke khasan tersendiri," ujarnya.

Menurutnya, Festival Kuliner makanan khas Babel ini akan kembali dilaksanakan pada November mendatang dalam rangka memeringati HUT Provinsi Babel.

"Semoga nanti Festival Kuliner November lebih sempurna lagi, karena akan dilaksanakan di Bangka dan Belitung dalam rangka HUT Provinsi. Jadi, nusantara akan makin mengenal kuliner kita," tandasnya.

Nama Lalaper, lanjut Gubernur, sengaja diusung menjadi tema lantaran menyesuaikan dengan nama aplikasi yang akan digunakan sebagai wadah untuk penjualan makanan khas Babel.

"Nanti kita ada aplikasi dan sistem yang sedang disusun la Laper ni kayak gojek tu, misalnya ikak nek pesen tinggal pesen dan pilih kelak di anter, pokok ae UMKM ni gratis masuk aplikasi ni," tambahnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana Lalaper Food Festival, Yuliswan mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kuliner Babel dan juga kerajinan.

"Jumlah IKM 12.864 ada 6.537 merupakan produk pangan, hampir 54 persen produk pangan. Ini yang harus kita kembangkan dan perkenalkan," terangnya.

 

Kunjungi Stand Kuliner dan Kerajinan Tangan

Usai Pembukaan festival Kuliner yang ditandai dengan pemukulan drum, Gubernur bersama Tamu undangan lainnya berkeliling stand yang menyediakan berbagai macam kuliner. Tak hanya mencicipi Gubernur juga sempat belanja dibeberapa stand yang dikunjunginya.

Selain makanan ada beberapa stand yang memamerkan kerajinan tangan diantaranya Kain Cual dan pernak-pernik lain. Dan yang membuat tertarik Gubernur Erzaldi adalah stand Drum Lokal Merk AHAY, dimana drum lokal merek Ahay ini telah dikenal dan dipasarkan dan telah dipakai oleh musisi ternama di empat benua. Adalah Arif Hidayat Ay, pencipta dan produsen merek drum ini, yang ternyata asli orang Bangka Belitung.

Gubernur berharap kepada Disperindag Babel untuk memasarkan produk kebanggaan anak negeri tersebut.

Selain Gubernur, Hadir dalam pembukaan tersebut Wakil Gubernur, Abdul Fatah beserta Ibu Laksmi Abdul Fatah, serta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.(Lulus)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas