Gubernur Beri Pengarahan Kepada Da'i Bina Umat Wilayah Belitung Lewat Vicon

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Gubernur Kepuauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman memberikan pengarahan sekaligus pembinaan kepada para Da'i Bina Umat wilayah Belitung lewat video conference. 

Melalui vicon yang dilaksanakan dari Ruang Rapat Gubernur, Rabu (13/5/2020) siang tersebut, Gubernur menjelaskan, para da'i bina umat di wilayah Belitung dapat memberikan nasihat bagi umat yang akan menikah, dan yang berwenang untuk menikahkan adalah para penghulu dari KUA yang diangkat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang merupakan PNS.

“Tetapi fungsi bapak - bapak sekalian sama dengan penghulu yang membina umat, namun untuk menikahkan adalah penghulu,” tegas Gubernur Erzaldi. 

Gubernur menegaskan, tugas yang di emban oleh seorang da’i bina umat adalah sebagai ulama dan membawahi masyarakat desa, bekerja sama dengan pemerintah desa dan langsung berinteraksi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Daerah dalam membina umat. 

Sebagai dai bina umat, dijelaskan Gubernur, memiliki tugas pembinaan bagi umat yang mau menikah hingga umat yang meninggal dunia.

Terkait dengan masa tugas yang di emban, Erzaldi mengungkapkan bahwa seorang dai bina umat bertugas selama 5 tahun dan diberikan insentif oleh Pemprov Babel sebesar 1 juta rupiah per bulan.
Seorang dai bina umat, ditegaskan Gubernur, akan melakukan pembinaan bagi masyarakat yang akan menikah dan bekerja sama dengan Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) yang ada di wilayah masing- masing.

Gubernur mengingatkan kepada para dai bina umat bahwa pemerintah telah mengeluarkan aturan terbaru bagi yang mau menikah harus memiliki surat atau sertifikat siap nikah yang dikeluarkan oleh BP4. 

Ia berharap kepada dai bina umat untuk melaksanakan tugas dengan baik, dan yang telah dipercayakan pemerintah kepada masing - masing da’i di wilayah masing - masing. 

Pada kesempatan itu sama Gubernur Erzaldi memberikan arahannya terkait dengan kondisi saat ini, agar dalam menjalankan tugas mengikuti anjuran pemerintah seperti menggunakan masker dan sering mencuci tangan, supaya terbebas dari penyebaran Covid-19.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas