Gubernur Berikan Pengarahan kepada Petani Sijuk dan Gantung

BELITUNG TIMUR – Erzaldi Rosman Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (10/10/2019) siang, menghadiri sekaligus memberikan pengarahan kepada para Petani melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Petani pada Kegiatan Peningkatan Kapabilitas Penyuluhan dan SDM Pertanian di Desa Pelepak Pute, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dan Desa Lintang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Di dua tempat ini, Gubernur memaparkan berbagai hal mengenai komoditas Kopi dan Lada Putih Babel, termasuk upaya mengembalikan kejayaan lada putih melalui program paket bantuan gratis.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengajak para petani untuk bersatu dengan pola pertanian berkelompok. Hal ini memudahkan pendataan dan penyeragaman terhadap komoditas tertentu yang dibudidayakan oleh masyarakat petani.

Gubernur mengimbau petani untuk menanam lada sesuai kemampuan pemeliharaan dan pemupukan, agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

"Petani dan pemerintah bertanggungjawab bersama-sama untuk meningkatkan target produktifitas Lada Putih Babel. Pemerintah bahkan akan membangun bak perendaman atau acida bagi desa penghasil Lada dalam jumlah banyak," ujar Gubernur.

Selain berbicara tentang Lada Putih, Gubernur juga menyinggung budidaya tanaman Kopi di Pulau Belitung.

Menurutnya, Beltim sangat identik dengan ikon 1000 Warung Kopi. Akan tetapi bahan baku Kopi masih didatangkan dari luar daerah.

Untuk itu, Gubernur mengajak masyarakat ikut menanam Kopi yang lebih mudah proses budidaya dibandingkan tanaman lain sejenis. “Ide Kopi dengan ikon Beltim 1000 Warkop. Kita minum Kopi tapi beli Kopi dari luar daerah,” ujar Gubernur.

"Kitalah yang harus berbuat untuk menghargai komoditi kita. Taget kita untuk lahan Kopi ini di Beltim seluas 100 hektar  pada bulan April 2020. Bibitnya disiapkan lahannya mulai dari sekarang," tambah Gubernur.

Selain peserta, kegiatan Bimtek dihadiri Kepala Dinas Pertanian Babel Juaidi. Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan bantuan bibit lada, tajur hidup, peralatan mesin pertanian hingga pupuk.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ismail Muridan/Supri
Fotografer: 
Ismail Muridan/Supri
Editor: 
Ismail/Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas