Gubernur Erzaldi Beri Pencerahan Agar Petani Tak Patah Semangat

BANGKA--Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menghadiri dan sekaligus memberikan paparan pada kegiatan Pelatihan Petani dan Penyuluh pada Kegiatan Peningkatan Kapabilitas Penyuluhan dan SDM Pertanian tahun 2018 di Dusun Air Buluh Desa Pelempang Kabupaten Bangka pada Jumat (14/09/2018).

Dalam paparannya  Gubernur Erzaldi menyampaikan bagaimana cara menanam lada yang baik kepada para petani dan memberikan pengarahan kepada para penyuluh yang akan bertugas di lapangan.

"Sekarang negara Kamboja sudah menanam dan artinya kebutuhan meningkat dan untuk melakukan ini kita lakukan efisiensi. Lihat pula Vietnam. Tanaman mereka masanya sepuluh tahun lamanya dan untuk menghadapi langkah mereka maka kita harus mendengar para penyuluh terlebih dahulu dalam rangka menanam lada yang baik dan benar.  Makanya saya minta penyuluh yang turun ke lapangan harus memiliki pengetahuan yang baik. Lalu pihak Dinas Pertanian dan Perkebunan harus klop dalam pengadaan termasuk sapi sebagai sumber pupuknya,”  papar  Erzaldi.

Lebih jauh Erzaldi minta agar petani jangan patah semangat dan sabar.  Juga semua PPL setiap satu bulannya harus brefing. Bahkan Erzaldi sempat memberikan video.  “Saya memberikan contoh dari video yang berguna untuk para PPL agar jangan menyampaikan bimbingan hanya dengan teori saja tapi dengan  contoh seperti visual ini,” ujar Erzaldi.

Berikutnya Gubernur Erzaldi juga mengungkapkan rencana pemerintah akan membangun pabrik sawit di Bangka Selatan dan Bangka Barat melalui   kerja sama antara pihak pemerintah, BUMD dan BUMN.

Gubernur juga menambahkan Sugeng Direktur Polman dihadirkannya karena berharap Polman dapat memaksimalkan dan memodifikasi mesin seperti mesin perontok padi atau mesin kompos dan mesin pertanian lainnya. “Jadi ke depan saya ingin Polman tampil sebagai penopang sektor pertanian dan perkebunan kita,” kata Erzaldi.

Berikutnya Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemprov Babel Toni Batubara ikut memberikan pengarahan kepada para penyuluh dan petani yang hadir. Hadir pula dalam kegiatan ini  tim pengelola sistem resi gudang (SRG).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam/Munawar/Hasan
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Irwanto
Bidang Informasi: 
Humas