Gubernur Erzaldi Canangkan Bhaksos KG PKK, KB dan Kesehatan

Sempan, Bangka – Desa Sempan, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka,  Kamis (12/10/2017) pagi, menjadi saksi dan tempat Pencanangan Bhakti Sosial (Bhaksos) Kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan ke-45 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang langsung dilakukan oleh Gubernur Babel Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM.

Dalam Pencanangan yang ditandai dengan pemukulan gong tersebut, Gubernur Erzaldi didampingi Ketua TP PKK Provinsi Babel, Hj. Melati Erzaldi, Bupati Bangka Tarmizi H Saat, Ketua TP PKK Bangka Mina Tarmizi, Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Kepala BKKBN Provinsi Babel, Kepala DP3ACSKB Provinsi dan Kabupaten Bangka, unsur Forkopimda Babel dan Kabupaten.

Selain itu, turut hadir pula dalam kesempatan itu, perwakilan Kabupaten se Babel, Camat, Kades, dan masyarakat Desa Sempan.

Melati Erzaldi selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Pencanangan dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan Tahun 2017 ini, mengangkat tema “Dengan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kita Akselerasikan Pencapaian Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Melalui Kampung KB untuk mewujudkan Keluarga Berkualitas”

Kegiatan ini, dikatakan Melati, dilaksanakan selama tiga bulan, terhitung Oktober hingga Desember 2017.

Melati menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatnya pencapaian 10 program Pokok PKK, Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga dan Kesehatan. “Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan tahun ini, meliputi Pembinaan 10 Program PKK, penyuluhan, Pelayanan KB, Pemeriksaan IVA dan Kesehatan, Pembentukan dan Pembinaan kelompok-kelompok kegiatan yang terintegrasi dengan 10 Program Pokok PKK,” urai Melati.

Kegiatan ini, lanjut dia, akan dilaksanakan di semua Desa dan Kelurahan, termasuk didalamnya Kampung KB yang telah terbentuk di seluruh kecamatan.

Ditambahkan Melati, dengan dukungan keterpaduan lintas sektor, kegiatan ini, akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di Desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai focus sasaran utama.

Sementara itu, Gubernur Erzaldi  dalam kesempatan itu mengimbau kepada Bupati/Walikota, Ketua TP PKK, OPD KB, dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, agar semua desa/kelurahan yang ada membentuk tim dan menjadwalkan pelaksanaan kegiatan dan pelayanan KB Kesehatan sampai dengan akhir Desember, dan dilaporkan ke TP PKK secara berjenjang.

“Yang utama kegiatan yang dilaksanakan bukannya seremonial, melainkan hasilnya. Kemudian, lakukan pemantauan secara berjenjang oleh TP PKK bersama sektor terkait, dan selanjutnya setiap bulan dilaporkan ke TP PKK dengan tembusan OPD KB Kabupaten/Kota,” ujar Gubernur.

Gubernur Erzaldi juga berharap agar seluruh instansi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan dapat mencapai hasil yang maksimal.

Pada kesempatan sama, Gubernur Erzaldi juga mengajak khususnya masalah KB ini, tidak hanya menjadi urusan Ibu-ibu, namun juga menjadi urusan laki-laki.

Sebelumnya, Bupati Bangka Tarmizi H Saat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan Ketua TP PKK Provinsi Babel yang telah mempercayai Kabupaten Bangka sebagai tuan rumah Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan ke-45, sekaligus Pencanangan Kependudukan Berencana dan Pembangunan Keluarga di Kabupaten Bangka.

Dipenghujung kegiatan, Gubernur didampingi Ketua TP PKK Provinsi Babel juga menyaksikan Penandatanganan Pencanangan Kependudukan Berencana dan Pembangunan keluarga di Kabupaten Bangka oleh Bupati Tarmizi H Saat.(humasprov).

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agoeng/Ahmad
Fotografer: 
Heppy/Ahmad
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas