Gubernur Erzaldi Imbau Masyarakat Sambut Pergantian Tahun dengan Muhasabah

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Babel, untuk menyambut pergantian tahun dari 2018 ke 2019 dengan Muhasabah.

“Saya imbau masyarakat, sambut tahun baru ini, jangan dengan hura-hura. Mari kita bermuhasabah, berdzikir, dan introspeksi diri, apa yang menjadi target kita tahun berikutnya. Apa yang kita lakukan tahun berikutnya lebih baik dari tahun sekarang,” ungkap Gubernur, saat menjadi Pembicara Upacara Peringatan Hari Ibu, di halaman Kantor Gubernur, Senin (31/12/2018).

Intinya, ditegaskan Gubernur, menuju kearah yang lebih baik. “Jangan rayakan (pergantian tahun) berlebihan, karena di penghujung tahun ini, bangsa ini sedang mengalami musibah.

Kata Gubernur, tahun 2019 harus lebih baik lagi. “Kita harus terus berubah. Kalau kita tidak berubah, maka kita akan jadi orang-orang atau kelompok yang sangat merugi. Berubah setiap saat, dalam rangka meraih sesuatu yang lebih baik kedepan. Apa yang telah menjadi kesalahan di masa lalu, jadikan itu sebagai pengalaman,” ujar Gubernur.

Namun, diingatkan Gubernur, ibarat naik mobil, jangan terlalu sering melihat kaca spion ke belakang. “Maka, mari kita muhasabah di malam pergantian tahun ini. Mau keluar sebentar-sebentar silakan, ajak keluarga. Ini kesempatan kumpul bersama keluarga, asal jangan berlebihan. Bila perlu ajak keluarga yang dimulai dari sholat berjemaah di masjid,” kata Gubernur.

Rekreasi bersama keluarga, ditambahkan Gubernur, tidak harus mengeluarkan uang, tapi sholat berjemaah bersama keluarga di masjid pun juga termasuk rekreasi gratis bersama keluarga.

“Mari kita introspeksi diri, kalau tahun sebelumnya sholat subuh masih bolong-bolong, tahun 2019 jangan bolong lagi, yang belum bisa ngaji, harus bisa ngaji. Bagi yang terlambat masuk kerja jangan lagi terlambat. Tahun depan harus ada targtet,” imbuhnya.

Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa/Ahmad
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas