Gubernur Erzaldi Kukuhkan Dewan Adat Melayu MBCC Asia

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, mendapatkan sebuah kehormatan dari Malindo Business & Cultural Center (MBCC) Asia, untuk mengukuhkan Dewan Adat Melayu MBCC.

Pengukuhan yang merupakan puncak rangkaian acara Festival Budaya dan Ekonomi antar Bangsa Terbesar di Babel, di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Kamis (29/11/2018) ini, ditandai dengan pengalungan Serempang oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman, dan Penyerahan Wartikah Diraja dari kesultanan Palembang Darussalam.

Prosesi Adat Melayu ini, dipandu oleh Ketua Pengarah Malindo MBCC Asia, Prof. Dato’ Seri Dr. Alex Ong, dan disaksikan langsung dari Panggung Utama, Timbalan yang di Pertua Dewan Negara Parlimen Malaysia, Senator Datuk Seri Haji Abd. Halim bin Abdul Samad, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Dato’ Ramli Suta Negara, Pemangku Adat Babel, Emron Pangkapi, Kesultanan Palembang, Sultan Mahmud Baddarudin III.

Disamping itu, turut hadir Pejabat dari unsur Forkompinda Babel, sejumlah Pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat Se Babel, tamu undangan lainnya. 

Gubernur Erzaldi, usai Pengukuhan menyampaikan, sebagai provinsi yang membuat kebijakan utama sektor pariwisata, tentunya perkuatan adat menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Karena, menurutnya, untuk menarik kunjungan ke Bangka Belitung salah satunya adalah kekuatan adat. Apabila adat kuat, maka setiap hari dapat dilakukan event.

Gubernur juga mengungkapkan, Bangka Belitung itu everyday is event, Artinya, setiap hari ada event. “Bagaimana kita membuat event setiap hari, maka kekuatan adat harus dikedepankan. Maka, salah satu kunjungan MBCC ini, untuk memperkuat adat rumpun melayu yang tergabung dalam MBCC Asia,” jelasnya.

Melalui prosesi adat ini, ditegaskan Gubernur Erzaldi, MBCC tidak hanya melaksanakan adat istiadat, tetapi juga membawa rombongan investor untuk menjajaki peluang usaha yang dapat dilaksanakan di Bangka Belitung.

Sementara, Timbalan yang di Pertua Dewan Negara Parlimen Malaysia, Senator Datuk Seri Haji Abd. Halim bin Abdul Samad menyampaikan terima kasih dan Apresiasi kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah menerima dan menyambut rombongan MBCC yang diakuinya, kental dengan budaya melayu.

Dirinya mengaku banyak mendapat pelajaran dari kegiatan budaya yang dilakukan masyarakat Bangka Belitung.

Pada kegiatan ini juga, diadakan pemberian hadiah dan penghargaan kepada Juara Lomba Memasak, Lomba Mewarnai dan Lomba Bayi Sehat, yang dilaksanakan bersamaan dengan Gelar Adat ini. Para Peserta juga dihibur oleh Penampilan Tari dari kedua negara, yakni Indonesia diwakili Bangka Belitung dan Malaysia.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas