Gubernur Erzaldi Launching Kapal Latih SMKN 4 Pangkalpinang

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman  melaunching Kapal Motor Kapal Latih SMKN (KM KL SMKN ) 4 Pangkalpinang. 

Kapal  Motor yang diberi nama Torani I, dan dilaunching di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sungai Baturusa, Selasa (14/1/2020) pagi itu, merupakan Kapal Motor dengan kapasitas 18 gross ton (GT) dengan panjang 15 meter dan  lebar 3, 5 meter. 

Launching KM KL Torani I SMKN 4 ditandai dengan Pengguntingan Pita oleh Gubernur bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel M Soleh dan Kepala SMKN 4 Pangkalpinang, Zulkifli, dilanjutkan dengan Pelayaranan Perdana rute  TPI Sungai Baturusa menyusuri Sungai Baturusa dan bersandar di Pelabuhan Jeruk Pangkal Balam, Pangkalpinang (Samping Pos Lanal Babel), yang juga diikuti Gubernur bersama Kepala Dinas Pendidikan, Kepala SMKN 4 dan rombongan. 

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan SMK Negeri 4 Pangkalpinang sudah memiliki kapal latih yang dapat digunakan untuk berlayar.  “Alhamdullillah, SMK Negeri 4 telah memiliki kapal latih,“ ungkap Erzaldi.

Pada kesempatan itu Erzaldi mengatakan, pemberian nama KM KL Torino I atas permintaan Kepala SMKN 4 Pangkalpinang.

Perlu diketahui dijelaskan Erzaldi, Torani dan seringkali disebut sebagai ikan terbang memiliki tubuh yang kecil, namun dapat meluncur seakan-akan terbang. Ikan terbang ditemukan di semua samudra utama, terutama di perairan tropis dan subtropis di Samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. 

Ciri utamanya yang paling menonjol adalah sirip dadanya yang besar, memungkinkan ikan itu meluncur terbang secara singkat di udara, di atas permukaan air, untuk lari dari pemangsa. "Peluncuran mereka biasanya sejauh sekitar 50 meter, tetapi mereka dapat menggunakan dorongan pada tepi gelombang hingga dapat mencapai jarak setidaknya 400 meter. Makanya saya namakan kapal ini dengan nama Torani I," papar Erzaldi.

Selain itu, Erzaldi berharap dengan adanya kapal latih ini, Siswa SMKN 4 Pangkalpinang dapat melakukan latihan pelayaran secara nyata bukan hanya menggunakan simulator yang telah ada di sekolah saja.

Erzaldi berjanji akan akan berupaya dalam menyediakan tempat bersandarnya Kapal Torani I SKMN 4 tersebut agar dapat bersandar dengan baik, sehingga dalam pengelolaannya dapat berjalan dengan baik pula.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Pangkalpinang Zulkifli mengatakan, KM Torani I selama ini, masih dalam proses perbaikan yang dimasukkan di Dok Kapal, dan hari ini (Selasa-red) dapat melakukan pelayanan dengan menyusuri sungai. 

Kapal latih ini diharapkan Kepala SMKN 4, dapat digunakan siswa SMKN 4 Pangkalpinang untuk berlatih langsung di atas sungai. 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas