Gubernur Erzaldi Panen Perdana Padi Varietas Demo Plot M 400 di Desa Rias

RIAS, BANGKA SELATAN - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Rabu (10/10/2018) siang, melakukan Panen Perdana Padi Varietas Demo Plot M 400 di area Persawahan Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Panen Perdana Padi Varietas baru ini, ditandai dengan pemotongan Padi menggunakan alat pemotong manual (celurit) oleh Gubernur Erzaldi, diikuti Bupati Bangka Selatan Justiar Noer dan Pejabat dari unsur Forkopimda.  

Setelah melakukan Pemotongan manual, Gubernur Erzaldi melanjutkan panen Padi Padi Varieatas baru tersebut menggunakan mesin pemotong padi. Bahkan Gubernur melakukan sendiri pemotongan padi menggunakan mesin pemotong padi yang dimiliki Kelompok Tani Desa setempat. 

Gubernur Erzaldi sesaat sebelum melakukan Panen Padi mengatakan, panen ini merupakan Panen Perdana Varietas M 400  dan menghasilkan produksi padi yang sangat baik.

"Beberapa waktu yang lalu, kami telah datang ke daerah ini, walaupun tidak langsung ke tempat ini, dan perkembangannnya kita ikuti terus, hasilnya  sangat bagus," ujar Erzaldi.

Terkait dengan  bibit padi yang diharapkan di tanam oleh petani, kata Erzaldi, adalah bibit padi varietas M 400 yang memiliki kualitas dan jumlah produksi yang lebih baik.

Selain menanam Padi, Gubernur Erzaldi juga mengajak Petani untuk  melakukan tumpang sari dengan menanam tanaman lainnya seperti Jagung, Kacang Tanah. "Kita harus membagi dan jangan terus menerus di tanam padi, harus diselingi dengan tanaman lainnya seperti Jagung dan Kacang Tanah," tegasnya.

Terakhir, Gubernur Erzaldi berpesan kepada para petani padi di Desa Rias khususnya, untuk tetap semangat, kerja keras, dan kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri.

Pada kesempatan sama, Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer mengatakan, dengan panen perdana varietas baru ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani melalui peningkatan kualitas dan jumlah produksi padi yang dihasilkan.

Justiar juga mengharapkan irigasi yang telah dibangun, agar dimanfaatkan para petani padi dengan baik dan benar. 

Sementara itu, Ketua Gapoktan Sepakat Jaya, Ariyanto mengatakan, panen ini merupakan Panen Perdana Padi Demo Plot Varietas baru yang menghasilkan produksi padi lebih banyak dan lebih  baik.

"Panen ini panen perdana padi varietas M400 dan perkiraan panen 7 hingga 8 ton per hektar," ungkap Ariyanto.

Varietas  Padi M 400 ini, disebutnya, menghasilkan malai yang cukup panjang dan bulir padi yang lebih banyak dari padi yang di tanam sebelumnya.

Oleh karena itu, Ariyanto mengajak para petani yang ada di Desa Rias, untuk menanam padi  varietas baru ini, karena  akan meningkatkan pendapatan para petani.(sentosa/irwanto).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa/Irwanto
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas