Gubernur Erzaldi Resmi Buka Dirga SMANSAPA EXPO 2018

PAYUNG, BANGKA SELATAN – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, membuka secara resmiu Dirga SMAN 1 Payung (SMANSAPA) EXPO 2018.

Pembukaan ajang kreativitas anak-anak didik tersebut, ditandai dengan Pemukulan Bedug dan Pemotongan Nasi Tumpeng oleh Gubernur Erzaldi. Untuk potongan nasi tumpeng itu, diserahkan Gubernur kepada Kepala SMAN 1 Payung, Nurhasan.

Sebelum Pembukaan, terlebih dilakukan Pembacaan Kalam Ilahi oleh Siswa SMAN 1 Payung, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan suguhan tari campak.

Ikut mendampingi Gubernur Erzaldi dalam acara itu, Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh dan jajaran UPT Pendidikan Wilayah Bangka Tengah dan Bangka Selatan, unsur Forum Koordinasi tingkat Kecamatan Payung, para Guru dan Siswa SMAN 1 Payung, dan unsur masyarakat Kecamatan Payung.

Kepala SMAN 1 Payung, Nurhasan mengatakan, kegiatan EXPO  ini, merupakan program unggulan SMAN 1 Payung. Kegiatan ini dibarengi dengan kewirausahaan, dimana Program Kewirausahaan ini, adalah bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

“Untuk Babel, ada tiga SMA yang mendapatkan bantuan Kewirausahaan ini, satu diantaranya adalah SMAN 1 Payung. Dan dalam EXPO 2018 ini,  kami menampilkan kreativitas dari para siswa-siswi kami, seperti kulat, biasanya hanya dibuat untuk bagian dari lempah. Namun disini  kulat kami buat menjadi makanan jadi Naget,” terang Nurhasan.

Selain itu, juga ada bakso sayur, brownis keladi, dan masih banyak hasil kerajinan anak-anak SMAN 1 Payung lainnya yang disuguhkan di Dirga EXPO 2018 yang berlangsung sejak 29 November sampai 1 Desember 2018 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh di kesempatan sama, berharap, melalui kegiatan ini, SMAN 1 Payung mampu mempersiapkan siswa dan guru-gurunya mulai sekarang untuk menghadapi persaingan global, diantaranya Kompetensi, Karakter, dan Literasi.

Sementara itu, Gubernur Erzaldi memberikan apresiasi kepada SMAN 1 Payung. Menurut Gubernur, kegiatan ini luar biasa. “Tentu kegiatan seperti ini jangan hanya saat mendapat bantuan dari pusat semata,” ujar Gubernur.

Bahkan Gubernur mengharapkan beberapa sekolah di Babel di support melalui Dinas Pendidikan Provinsi Babel. Kalau perlu support semua sekolah, dan mereka harus melakukan kegiatan-kegiatan, dimana kegiatan tersebut untuk meningkatkan jiwa entreprenuer anak-anak SMA dan SMK.

“Kita ini, termasuk orang-orang yang tergolong dak kawa nyusah. Karena tidak pernah terlatih. Sehingga yang ada di dalam benak anak-anak kita hanya ingin jadi PNS, Tentara, Polisi, Guru, Bidan, Dokter. Itu jawaban kalau di tanya di kelas,” ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, anak-anak bukan tidak boleh menjadi PNS, Tentara, Polisi atau profesi PNS lainnya, tetapi harus membaca peluang. “Ini melalui EXPO di SMAN 1 Payung ini, mulai kelihatan, kita mengajak anak-anak kita karakter mereka, yaitu salah satunya dengan menjadi pedagang. Nabi kita Muhammad selain menjadi penyebar agama Islam, beliau juga menjadi Pedagang,” kata Gubernur.

Sebelum meninggalkan lokasi Dirga SMANSAPA EXPO 2018, Gubernur Erzaldi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Babel, menyambangi stand-stand EXPO 2018 yang berada di lingkungan SMAN 1 Payung.

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad/Rian
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas