Gubernur Erzaldi Serap Aspirasi Masyarakat Tanjungpura

TANJUNGPURA, BANGKA TENGAH -  Lagi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, melakukan kunjungan ke sejumlah daerah yang terkategori “Pelosok” dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat. Salah satunya adalah Tanjungpura, Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah.

Di daerah eks kepemimpinannya sebagai Bupati Bangka Tengah, pada Senin (11/2/2019), Gubernur Erzaldi didampingi Kepala Dinas Kehutanan Babel, Marwan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Dasminto,  bertemu dengan masyarakat yang ada di Desa Tanjungpura.

Dalam tata muka itu, Gubernur mengajak masyarakat Tanjungpura untuk  menjadikan beberapa kawasan yang merupakan hutan kemasyarakatan di daerah setempat, sebagai lahan perkebunan Durian dan Pisang Lapendis.

Selain itu, Gubernur Erzaldi menyarankan masyarakat Tanjungpura untuk bekerjasama dengan perusahaan dalam pengembangan perkebunan Durian dan Pisang Lapendis, sehingga penghasilan masyarakat bertambah.

“Masyarakat  dapat berkebun dalam upaya menjaga hutan agar tetap lestari, disamping untuk menambah pendapatan masyarakat,” ujar Gubernur.

Tak hanya itu, Gubernur mengatakan, saat ini, akses menuju Desa Tanjungpura yang ada di Kabupaten Bangka Tengah hanya melalui satu jalur lintasan yaitu jalan raya saja, sehingga diharapkan kedepan ada jalan alternatif lainnya menuju Tanjungpura yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

"Saya harapkan masyarakat dapat bercocok tanam untuk membantu menambah pendapatan masyarakat nelayan itu sendiri," ungkap Gubernur.

Kepala Dinas Kehutanan Babel, Marwan, menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan membantu proses perizinan ke Kementerian Kehutanan berkenaan dengan adanya penggunaan hutan untuk kepentingan publik atau masyarakat, seperti salah satu contohnya, kata dia, pembangunan jalan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dari Tanjung Gedung ke Sungai Selan sejauh kurang lebih 8 kilometer, karena melalui hutan tanaman industri.

Kades Tanjungpura, Yulianto, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman, yang telah meluangkan waktunya untuk datang ke kampung mereka dalam rangka menyerap aspirasi warganya.  

“Dengan Gubernur datang ke sini, masyarakat dapat menyampaikan secara langsung aspirasinya, berkenaan dengan kehidupan sehari - hari yang dialami masyarakat,” tutur Kades Tanjungpura.

Sementara itu, saat sesi dialog sejumlah persoalan dan harapan disampaikan warga Tanjungpura kepada Gubernur. Dan berharap Gubernur dapat memberikan bantuan atas persoalan yang mereka hadapi selama ini.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas