Gubernur Erzaldi Temani Sejumlah Dirjen dan Staf Ahli Menteri Kunjungan ke Bateng dan Basel

AIR GEGAS, BANGKA SELATAN - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, menemani sejumlah Direktur Jenderal (Dirjen), diantaranya Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi, M. Nurdin, DirJen PKP, Harlina Sulistyorini, Dirjen PKP2Trans R. Hari Pramudiono, dan beberapa Staf Ahli Menteri Desa PDTT, Kementerian Pertanian serta Kemenristekdikti ke beberapa wilayah di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dan Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Kegiatan pada Rabu (4/12/2019), diawali dengan Kunjungan Agro Wisata Hutan Pelawan, Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Selatan. Di tempat ini, Gubernur mengajak rombongan untuk melihat Kawasan Hutan Pelawan yang memiliki beraneka ragam hayati.

Di tempat sama, rombongan berkesempatan melihat dan mencicipi produksi Madu Pelawan dan Madu kelulut serta Jamur Pelawan. Hadir Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh yang ikut menjelaskan asal mula dan pengembangan Hutan Pelawan.

Usai melihat Hutan Pelawan, Kunjungan menuju Kawasan Prioritas Pedesaan Nasional (KPPN) Lada Putih di Desa Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan. Di tempat ini rombongan melihat Badan Usaha Milik Desa Bersama Mitra Lada Bersatu Unit Usaha Gedung Pasca Panen Komoditi Lada Putih Bangka.

Gubenur dan Rombongan melihat secara langsung Proses Hilirisasi Produk Lada Bangka Belitung. Diharapkan dengan hilirisasi, harga komoditas Lada yang dikenal dengan Muntok White Pepper dapat meningkat.

Kunjungan dilanjutkan dengan Penanaman Padi bersama di KPB Transmigrasi Batu Betumpang, Kabupaten Bangka Selatan. Selain penanaman Padi Bersama, juga meninjau Rice Milling Plant (RMP) Batu Betumpang.

Dengan RMP ini, diharapkan produksi beras masyarakat meningkat. Pemasaran hasil dari RMP ini kedepan akan ditujukan kepada ASN dan Masyarakat sehingga ada jaminan bagi produksi pertanian masyarakat.

Rangkaian Kegiatan di akhiri dengan kunjungan ke SMKN 1 Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan.

Di tempat ini, selain dilaksanakan Penanaman Perdana Program Pendukung Ketahanan Pangan, Gubernur juga bertemu dengan para Petani dalam kegiatan Temu Wicara Prukades Desa Batu Betumpang.

Gubernur dan Dirjen mendengar keluh kesah dan masukan dari masyarakat yang umumnya petani. Pihaknya dan Kementerian akan mencari solusi atas masukan dari masyarakat sesuai dengan Kewenangannya.

Ikut Hadir Forkopimda Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Provinsi Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka Tengah serta Bangka Selatan, dan Masyarakat.

Pada kegiatan ini juga dilakukan Penandatanganan Pernyataan Kesanggupan Membeli Hadil Prukades KPB Batu Betumpang oleh Gubernur dan Bupati Bangka Selatan. Juga Penandatanganan Prasasti Masjid Annur dan Ruko Pasar Masyarakat oleh Menteri Desa PDTT yang diwakili Dirjen PK Trans, M.Nurdin. Serta penyerahan beberapa Bantuan untuk para Petani. 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas