Gubernur Jadi Khotib Sholat Jumat Perdana Masjid Jamik Pinang Raya

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Satu lagi kepercayaan masyarakat. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman diminta menjadi Khotib Sholat Jumat Perdana 21 Februari 2020, yang diselenggarakan di Masjid Jamik Pinang Raya. 

Khutbah yang baru pertama kali digelar dalam Sholat Jumat di Masjid yang terletak perbatasan Desa Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, dan Kelurahan Air Kepala Tujuh, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang itu, Gubernur Erzaldi mengangkat tema tentang Persaudaraan.

"Salah satu Prinsip Pokok dalam masyarakat Muslim atau Mukmin adalah Prinsip Persaudaraan, yang dikenal dengan istilah ukhuwah islamiyah," kata Gubernur.

Dijelaskan Gubernur sebagai khotib, persaudaraan yang berlandaskan kepada akidah akan mampu mempersatukan hati, orientasi hidup, gerak langkah bahkan pemikiran-pemikiran positif dalam membentuk sebuah tatanan masyarakat yang dinamis, dimana keragaman yang ada padanya akan menjadi potensi pemersatu untuk melahirkan kekuatan dahsyat.

Hal itu, lanjut Gubernur, telah dibuktikan oleh baginda Rasululullah SAW sebagai pemimpin dunia sekitar 1400 tahun yang lalu, baik dalam urusan politik, ekonomi, dakwah maupun lainnya.

Sebaliknya, masih dijelaskan Gubernur, keragaman akan menjadi ancaman serius dalam kehidupan berbangsa, bernegara atau bermasyarakat manakala tidak dikelola dengan baik.

"Allah Yang Maha Mengetahui, menginginkan agar manusia senantiasa memperbaiki hubungannya dengan sesama, baik seagama maupun tidak seagama. Bahkan terhadap makhluk lain sekalipun, karena semua ciptaan itu tentu ada manfaat padanya, terutama manusia yang dihadirkan sebagai pelopor kebaikan dengan status yang sangat jelas, yakni kholifah di bumi," jelas Erzaldi.

Manusia sebagai kholifah, urai lebih Erzaldi, bisa dimaknai sebagai pemimpin yang telah dianugerahi amanah yang besar untuk mengatur dan memakmurkan bumi, sehingga bila manusia melakukan kerusakan, maka Allah SWT sangat murka terhadapnya dengan ancaman Neraka.

"Untuk itu, mari kita saling tolong menolong dalam kebaikan, mari bangun Negeri dan Daerah kita, khususnya Negeri Serumpun Sebalai Provinsi Babel, serta hadirkan rasa takut terhadap ancaman siksa Allah SWT," tutup Gubernur Erzaldi.

Sebelumnya, Pengurus Masjid Jamik Pinang Raya, H. A. Harrun menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi yang telah bersedia hadir sholat Jumat sekaligus menjadi Khotib di Sholat Jumat Pertama di Masjid Jamik Pinang Raya. 

Usai menjadi khotib dan Sholat Jumat yang turut diikuti sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemprov Babel, dan masyarakat sekitar Masjid Jamik Pinang Raya, Gubernur Erzaldi juga menyerahkan bantuan kipas angin kepada Pengurus Masjid Jamik Pinang Raya.  

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Chandra/Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas