Gubernur Jelaskan Banyak Kelebihan Muntok White Pepper

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menjelaskan banyak sekali kelebihan Muntok White Pepper (MWP). Pernyataan Gubernur tersebut disampaikan saat menghadiri Konferensi Rempah Internasional di Jaipur, India.

Sayangnya, sekarang ini keberadaan MWP masih kurang promosi. Menurut Erzaldi, salah satu kelebihan MWP yakni, dalam proses panen hingga menjadi lada kering tanpa menggunakan zat kimia atau tambahan pemedas.

Selain itu, perendaman lada di air sungai berair bersih serta Muntok White Pepper bebas dari pestisida. Semua kelebihan tersebut dapat menjadi jargon promosi lada, sehingga dapat mendongkrak harga lada hasil panen petani di Bangka Belitung.

“Produksi lada asal Bangka Belitung masuk spesifikasi premium. Untuk itu, pemerintah perlu melakukan pembinaan kepada petani,” jelas Gubernur.

Bangka Muntok White Pepper harus memenuhi standard food safety. Ini menjadi syarat mutlak untuk mengindari isu kurang baik dari konsumen lada asal Bangka Belitung. Standard food safety juga sudah menjadi tuntutan pemakai.

Agar brand Muntok White Pepper tidak disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab, Gubernur menginginkan agar keberadaan lada dapat dicek asal usulnya melalui sistem pencatatan. Ini semua harus dilakukan, sehingga konsumen yakin dengan kualitas mutu lada.

Gubernur juga memperkenalkan lada asal Bangka Belitung secara tidak langsung dapat dikatakan sebagai produk pertanian organik. Ini didukung dengan proses produksi lada atau hasil lada Bangka Belitung tidak mengandung pestisida.

“Konsumen sangat menginginkan adanya kepastian jumlah produksi lada dari Bangka Belitung. Kita harus bisa memastikan konsisten supply untuk pemakai dan pengguna lada. Jangan sebentar ada, lalu produk lada tersebut hilang dari pasaran,” papar Gubernur, Kamis (8/2/2018).(TKG/Humasprov)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
TKG
Fotografer: 
Humasprov
Editor: 
TKG/Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas