Gubernur Kukuhkan Bunda Paud Babel

KACE, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, resmi mengukuhkan Hj. Melati Erzaldi Rosman sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masa bakti 2017-2022, yang ditandai dengan pemasangan Selempang Bunda PAUD.

Selain Selempang, Bunda Paud yang juga merupakan Istri Gubernur dan Ketua TP PKK Kepulauan Bangka Belitung tersebut, juga diberikan secara simbolis Busur dan Anak Panah tanda oleh Gubernur kepada Bunda Paud menjadi salah satu busur untuk melesatkan anak-anak mencapai cita-citanya menjadi anak-anak terbaik.

Turut mendampingi dalam pengukuhan itu, Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh, Hj. Laksmi Dharmayanti Abdul Fatah, Bunda PAUD Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka, para Pendidik, orang tua serta Peserta Didik PAUD Se-Babel.

Dalam sambutannya, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menyampaikan rasa gembiranya karena telah melantik Bunda Paud Provinsi Babel, dengan program dalam rangka mewujudkan anak-anak yang dapat meraih golden age (usia emas).

“Dengan program-program yang baik itu, anak-anak bisa menjadi kader bangsa kedepan yang berkarakter, soleh-soleha, serta berpendidikan,  yang pada akhirnya dapat memajukan bangsa kita yang lebih baik,” ungkap Gubernur.

Ia juga berharap, dengan Pengukuhan ini, Bunda Paud dapat bekerja sepenuhnya, mengimplementasikan dan mengkreasikan dalam berbagai rencana program dan berhasil mendidik anak-anak yang menjadi harapan orang tua, agama, nusa dan bangsa.

Kata Gubernur, penyelenggaraan program Paud di daerah bukan hanya bergantung komitmen kepala daerah, tetapi sama-sama termasuk bunda paud yang bukan hanya Bunda Paud Provinsi, tetapi juga Bunda Paud Kabupaten, kecamatan hingga desa-desa.

“Saya berharap Bunda Paud dapat berperan strategis dalam mendampingi Bunda Paud ke depan, mensosialisasikan dengan baik dan motivasi kepada guru-guru paud. Dengan demikian, output dari pendidikan usia dini  ini, dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” tandas Gubernur.

Gubernur Erzaldi juga mengapresiasi Bunda Paud Kabupaten Bangka dan Bangka Selatan yang  bertanggung jawab terhadap pendidikan Paud. “Kedepan Paud agar lebih rerarah dan fokus,” harap Erzaldi.  

Sementara itu, Bunda Paud Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi menyampaikan, di usia PAUD ini harus diberikan pendidikan yang terbaik. ”Mari sama-sama kita mendorong anak-anak kita Usia Dini/usia PAUD menjadi anak-anak terbaik, karena usia inilah kita bisa memberikan pendidikan terbentuk. Seperti kata para ahli yang menyatakan bahwa 80 % kapasitas di usia ini, otak anak itu terbentuk,” terangnya.

Melati selaku Bunda Paud Provinsi Bangka Belitung yang mempunyai fungsi sebagai mediator, meminta dukungan  Bunda – bunda Paud Kabupaten, Kota dan seluruh mitra  untuk saling bersinergi bekerja sama.

Di awal Kepemimpinannya, Melati akan fokus pada Lembaga, pendidiknya, dan anak-anak itu sendiri. Ia juga berjanji akan selalu membawa poin-poin PAUD Bangka Belitung dalam Rakor-rakor yang diikutinya selaku Ketua TP PKK Bangka Belitung.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, M. Soleh dalam laporannya menyampaikan, jumlah paud di Babel ada 939 lembaga, dan hampir seluruh desa di Bangka Belitung telah memiliki PAUD, sedangkan Jumlah peserta didik ada 41.469 siswa.

“Bunda PAUD memiliki posisi strategis dalam melaksanakan Program Paud, di mana tidak terlepas dari Program Pemerintah melaksanakan Gerakan Nasional PAUD yang memobilisasi semua komponen dan sumberdaya bangsa, dalam rangka percepatan dan perluasan pelaksanaan PAUD yang bermutu,” ujarnya.

Di penghujung acara pengukuhan, Gubernur dan Bunda Paud Bangka Belitung mencoba permainan tradisional bersama anak-anak Paud.

 

Serahkan Tropy Pemenang Juara

Selain mengukuhkan Bunda Paud Babel, Gubernur Babel Erzaldi Rosmanpada kesempatan itu, juga menyerahkan trophy pemenang Lomba Pendidik PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017.

Pemenang Juara I diraih Fenny Yusmalia, S.Pd dari Kelompok Bermain Biruni Sungailiat, diikuti Dayuti Fitriyani dari Taman Kanak-kanak Tiara Asoka Bangka Tengah, dan Lisnawati S.Pd dari Tamasha Valaq Pangkalpinang sebagai Juara II dan III.

Sedangkan Lomba Peserta Didik PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017, direbut Fazzila Azzahra dari Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Muntok, Juara II Zevilla Alika A. Taman Kanak-kanak Karya Bangka Barat, Grace Charissa S, Taman Kanak-Kanak Anugerah Belitung sebagai Juara III.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas