Gubernur Kunjungi Bazar DKP dan Disperindag Babel

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H. Erzaldi Rosman, Rabu (14/6/2017) pagi menghadiri dua Bazar Murah yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Bazar Murah pertama digelar Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Babel di Halaman Kantor Dinas DKP yang menampilkan produk jadi hasil keutan dan perikanan, sedangkan Bazar Murah kedua diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel bekerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Babel di Pelataran Taman Merdeka Pangkalpinang, menyuguhkan Sembako.

Saat berkunjung di Bazar Murah DKP Babel, Gubernur Erzaldi meminta kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, dengan harapan masyarakat tahu dan mengenal UMKM yang ada di Babel, terutama Produk Hasil Kelautannya.

Kata Erzaldi, kegiatan bazar seperti ini, dapat memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memasarkan produknya. Dengan kegiatan ini, juga diharapkan dapat mengetahui produk-produk dan inovasi yang telah dilakukan oleh pelaku UMKM di Babel, sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk Luar.

"Ini juga harus di promosi dan dipublikasikan. Jadi, banyak masyarakat yang tahu. Semakin banyak tahu, maka akan semakin banyak yang beli dan promosi," tandasnya.

Untuk itu, kepada pelaku UMKM khususnya Hasil Laut ini, ditambahkannya, harus tetap bersemangat menghadapi tantangan kedepan, dan diminta jangan putus asa, karena produknya tidak laku.

“Harus menjadi instropeksi apakah rasa, bentuk, kemasannya tersebut yang kurang menarik, harus Halal. Dalam tahun ini juga Pemprov akan memberikan 1000 sertifikat halal Gratis. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat dan arti kebersamaan untuk maju bersama demi masyarakat Babel,” ujar Erzaldi.

Di Bazar DKP ini, Gubernur didampingi Melati Erzaldi menyempatkan diri membeli berbagai hasil olahan yang dijajakan ditempat itu.

Sementara itu, Kepala DKP Babel, Hardi dalam wawancaranya menjelaskan, kegiatan bazar yang diikuti kurang lebih 34 Pelaku Usaha ini, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan citra, promosi jenis produk makanan khas daerah, khususnya hasil kelautan, sehingga dapat meningkatkan usaha kecil menengah yang berdaya saing. Berbagai produk perikanan seperti kemplang, rusip, terasi dan lainnya ditawarkan kepada masyarakat dengan harga terjangkau.

 

Banyak Pasar Murah Bisa Stabilkan Harga

Selesai mengunjungi stand Bazar Murah DKP Babel, Gubernur bersama istrinya, melanjutkan kunjungan ke Bazar Murah Sembako yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Babel di Pelataran Taman Merdeka Pangkalpinang.

Di lokasi bazar, didampingi sang istri, dan Kepala Disperindag Babel Yuliswan, Gubernur Erzaldi Rosman langsung menyusuri satu persatu stand Sembako yang ada di bazar tersebut, sembari berdialog dengan pedagang dan pembeli.

Disela kunjungannya di bazar sembako, Gubernur Erzaldi mengungkapkan, gelaran pasar murah program dari Disperindag dan Satgas Pangan Babel ini, membuktikan kenapa barang dagangan bisa bazar Disperindag bisa murah, tetapi di pasar-pasar tidak.

“Artinya, dengan semakin banyak pasar murah, kita bisa menstabilkan harga, sehingga tidak ada dan mempersempit gerak para pedagang nakal  memanfaatkan kepanikan masyarakat yang terburu-buru membeli sesuatu. Dengan buru-buru ini, dengan sendirinya akan menaikkan harga sesuka hati,” ungkap Gubernur.

Dalam kesempatan sama, Kepala Disperindag Babel, Yuliswan menambahkan, Pasar Murah ini diprogramkan sesuai perintah Presiden RI kepada Gubernur dalam rangka upaya menstabilkan harga.

“Semua Barang yang dijual di tempat ini, harganya dibawah HET, sesuai Permendag Nomor 27 tahun 2017 tentang Penetapan HET. Kegiatan ini juga membantu masyarakat, supaya stabil, sehingga kawan-kawan di Pasar tidak menentukan harga seenaknya sendiri. Untung boleh, tapi wajar. Kegiatan ini selanjutnya akan dilaksanakan di Belinyu pada Kamis, kemudian Jumat di Makodim bekerjasama dengan Korem 045/ Garuda Jaya, Sabtu di Sungailiat, serta Hari Minggu dilaksanakan di Taman Merdeka kembali yang bekerjasama dengan Polda,” sebut Yuliswan.(Lulus).

 

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas