Gubernur Lantik Staf Ahli dan 22 PNS Baru

Air Itam, Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi melantik dan mengambil sumpah Ir Syahruddin MSi sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, serta 22 Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru, di Kantor Gubernur Babel, di Pangkalpinang, Rabu (28/09/2016) sore.

Sebelum dilantik menjadi staf ahli gubernur, Syahruddin merupakan staf pada Sekretariat Daerah Provinsi Babel. Sedangkan jabatan yang diembannya sekarang, sebelumnya diisi Sudirganto SAg yang memasuki masa pensiun.

Sementara 22 PNS baru adalah CPNS lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXII Tahun 2015. Setelah dilantik mereka akan ditugaskan di pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Bangka Belitung.

Gubernur mengatakan, pelantikan bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu tapi dimaknai dari sudut kepentingan organisasi. Selaku pejabat pembina kepegawaian, gubernur menegaskan akan selalu melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi guna meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan maksimal.

“Pertimbangan utama dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada negara,” jelasnya.

Pergantian Staf Ahli Gubernur kali ini, kata Rustam Effendi, memiliki perbedaan dari pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama sebelumnya. Hal ini mengacu rekomendasi Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-1424/KASN/8/2016 tanggal 18 Agustus 2016, bahwa pemberhentian Syahruddin dari jabatan Sekda Babel merupakan kewenangan pejabat pembina kepegawaian, termasuk untuk penempatan lebih lanjut.

“Sesuai rekomendasi tersebut, untuk posisi pejabat yang pernah menduduki eselon 1.B akan ditempatkan ke eselon II.A, maka yang bersangkutan tidak perlu mengikuti proses seleksi,” tegas Gubernur Rustam Effendi.

Gubernur menambahkan, selain rekomendasi Ketua Komisi ASN, pelantikan juga sudah memperoleh persetujuan Menteri Dalam Negeri melalui surat bernomor 821/3515/SJ tanggal 19 September 2016.

Kepada 22 PNS baru, gubernur mengingatkan mereka untuk memiliki sikap mental dan kemampuan profesional dalam melaksanakan tugas kedinasan serta kepercayaan dari atasan.

Mereka juga diharapkan selalu meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap profesional dalam tugas yang dilandai kepribadian dan etika. Selain itu para PNS harus mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan bangsa.

Harapan lainnya agar mereka memantapkan sikap dan semangat pengabdian, serta menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan.

“Jangan sampai menjadikan materi sebagai obsesi, karena hal ini akan berdampak negatif terhadap pelaksanaan tugas,” tegas Gubernur Rustam Effendi.

Upacara pelantikan yang dihadiri hampir seluruh pejabat eselon II berlangsung sore hari, menjelang berakhirnya jam kerja Pemprov Babel. (Ismail, Chandra)

Sumber: 
HumasPRO BABEL
Penulis: 
M Chandra Yusuf, Ismail
Fotografer: 
M Chandra Yusuf
Bidang Informasi: 
Humas