Gubernur Launching Fuel Card Pembelian BBM Bersubsidi

PANGKALPINANG - Bertempat di Spbu 23.331.11 Pasir Garam Kec Pangkalbalam Pangkalpinang, Senin (2/12/2019) pagi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melaunching Pembelian bahan bakar minyak (BBM) dengan Fuel Card di Bangka Belitung.

Launching ditandai dengan Pelepasan Tirai Fuel Card oleh Gubernur didampingi Forkopimda Babel, General Manager PT. Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel Primarini, Kanwil Bank BRI Palembang, I Wayan Nasta, dan Ketua Hiswana Migas DPC Bangka Belitung Suhendra.

Pada kesempatan itu, Gubernur Erzaldi menyampaikan rasa syukurnya telah dilaunching penggunaan Fuel Card untuk BBM bersubsidi khususnya Solar dengan tahap awal di wilayah Kota Pangkalpinang yang akan diikuti oleh seluruh Kabupaten yang ada di Bangka Belitung dengan target pertengahan bulan Desember ini.

Kegiatan ini, berlangsung atas kerja sama dan kerja keras semua pihak, dan merupakan keinginan masyarakat yang selama ini merasa susah untuk mendapatkan BBM.

BBM dijelaskannya adalah salah satu komponen yang mempengaruhi Inflasi di Bangka Belitung. Kalau hal ini dibiarkan, menurutnya disamping akan membuat kerugian negara juga membuat kerugian bagi masyarakat yang berhak sesuai undang undang untuk mendapatkan BBM.

"Nawaitu kita ini adalah untuk membantu program pemerintah agar subsidi BBM ini, tepat sasaran," ungkapnya.

Hal ini, lanjut Gubernur,  akan terus dikawal dan dengan komitmen yang kuat dari Pemerintah Provinsi, TNI/Polri, Stakeholder dan masyarakat. “Atas komitmen itu juga, dengan kartu ini akan memudahkan masyarakat dalam membeli BBM dan akan mengamankan BBM Subsidi khususnya Solar ke Depan,” ujar Gubernur.

Pemerintah, ditambahkan Erzaldi, selalu berupaya dalam pelayanan kepada masyarakat dalam pembelian BBM ini, terus ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekarang, juga didukung oleh BRI yang merupakan Bank Terbesar dan bank yang paling siap dalam program ini.

Selanjutnya, ditambahkan dia, program ini, akan dilakukan juga untuk jenis BBM Bensin yang dimulai dari Bulan Januari 2020 bagi kendaraan bermotor masyarakat khususnya bagi para petani. “Tantangan akan lebih besar, karena harus menyuplai kebutuhan BBM hingga ke persawahan juga Pulau pulau yang ada di Bangka Belitung,” imbuh Erzaldi.

Sementara itu, General Manager PT. Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel Primarini menyampaikan, kegiatan ini berlangsung dari pertemuan sebelumnya dengan Gubernur Babel yang menanyakan bagaimana caranya bersama - sama untuk mengendalikan pelayanan kepada masyarakat khususnya penjualan BBM Solar bersubsidi.

Pertamina berkomitmen kuat untuk mendukung penuh kebijakan Pemprov Babel melalui Surat Edaran Gubernur 541/1043/IV/2019.

Daerah ini, dikatakannya, boleh berbangga karena dari seluruh daerah di Indonesia baru 5 Provinsi yang telah mengeluarkan Surat Edaran terkait Distribusi BBM ini.

Pada tahap awal ini, akan dilakukan di 11 area SPBU di Kota Pangkalpinang, dan selanjutnya diikuti di lokasi yang lain.

Pertamina akan memastikan pelayanan transaksi melalui Fuel Card ini, akan berjalan dengan lancar. Pertamina sebagai BUMN saat ini, juga meningkatkan transaksi Cashless dalam setiap pelayanannya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Polda Bangka Belitung, Korem 045 Garuda Jaya, PT. Pertamina, Bank BRI Cabang Pangkalpinang dan Hiswana Migas DPC Bangka Belitung tentang Pelaksanaan Surat Edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung nomor 541/1043/IV/2019.

Usai Launching, Gubernur dan rombongan melihat Pembelian Pertama BBM dengan menggunakan Fuel Card. Gubernur juga menerima kenang - kenangan dari Romantika Sopir Truck Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas