Gubernur Lepas Calon Jemaah Haji Kloter Terakhir

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr. H. Erzaldi Rosman, Kamis (10/8/2017) siang, melepas secara langsung 171 calon Jemaah haji (Calhaj) kloter 8 yang merupakan kloter terkahir Calhaj Provinsi Babel tahun 2017, di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Babel, Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Air Itam Pangkalpinang.

Gubernur dalam kesempatan itu, berpesan kepada seluruh Calon Jemaah Haji, Provinsi Babel khususnya Calhaj kloter terakhir dari Bangka Tengah ini, agar betul-betul memantapkan hati dan niat secara tulus bahwa keberangkatan ke Tanah Suci hanya untuk beribadah kepada Allah SWT, bukan karena yang lain.

“Para Jemaah jangan memikirkan apa-apa lagi, yang penting pikirkan ibadah kepada Allah. Yang di tinggalkan di rumah biarkan, jangan dipikirkan lagi. Karena, kalau yang di tinggal di rumah masih kepikiran, itu akan membuat para jemaah letih ketimbang berjalan,” ujar Gubernur.

Selain itu, kata Gubernur Erzaldi, apa yang akan dilakukan di tanah suci harus dicatat, mulai dari hari pertama sampai hari terakhir, itu apa yang harus dilakukan. “Itu harus diatur. Jangan sampai di sana, kita tidak siap. Jangan sampai kita tidak melakukan apa-apa di sana, ujung-ujungnya menyesal dan rugi sendiri,” tegas Gubernur.

Disamping itu, Gubernur juga mengingatkan, selama dalam perjalanan menuju ke tanah suci dalam penerbangan yang menampuh jarak lebih kurang 9 jam, agar dimanfaatkan untuk istirahat, sehingga ketika sampai di tanah suci bersemangat beribadah.

Terkahir, Gubernur Erzaldi mengharapkan kepada para Jemaah Haji Bangka Belitung, agar mendoakan masyarakat Bangka Belitung khususnya, dan Indonesia pada umum,termasuk pemimpin-pemimpin, agar Negara ini tetap aman dan damai, sejahtera, dan pemimpinnya tetap berada di jalan yang lurus.

“Niatkan hati, kalau kita berangkat ke sana untuk ibadah. Kalau niatnya sudah ibadah, insya Allah kita pulang mendapatkan gelar haji yang mabrur. Apa itu haji yang mabrur, yaitu haji yang ketika pulang ke daerahnya masing-masing, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas, dan dia menjadi pemberi semangat orang lain untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik,” tutup.

Sementara itu sebelumnya, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Babel, diwakili Kabag Tata Usaha Kemenag Babel, Abdul Aziz, menyampaikan, mulai tahun ini, kuota haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah kembali ke kuota awal menjadi 904 jemaah haji.

“Alhamdulillah tahun ini, Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji sebanyak 10 ribu Jemaah haji secara nasional. Dan setelah dibagi secara proporsional ke setiap provinsi, Provinsi Babel mendapatkan tambahan sebanyak 158 jemaah haji, jadi jumlah total Jemaah haji babel tahun 2017 sebanyak 1.069 jemaah,” jelasnya.

Sedangkan untuk pembagian kloter haji Babel tahun ini berjumlah 1.064 orang, terdapat  4 jemaah yang mutasi ke embarkasi lain. “Penerbangan Jemaah Haji Babel terbagi dalam tiga kelompok terbang, yaitu kloter 5 yang berangkat pada 9 Agustus, terdiri dari Jemaah kabupaten Bangka sebanyak 179 orang, Bangka Selatan 51 orang, Jemaah Kota Pangkalpinang 22 orang. Penerbangan ketiga dari Kabupaten Bangka sebanyak 136 jemaah.  Kemudian kloter 7 yang berangkat ke madinah pada tanggal 10 Agustus, terdiri dari Kabupaten Belitung 104 jemaah, Belitung Timur 41 jemaah,” kata Aziz.

Pelepasan 171 calon Jemaah haji asal Kabupaten Bangka Tengah, ini, ditandai dengan salam-salaman antara Gubernur bersama para calon Jemaah haji.

Ada hal yang menarik dalam pemberangkatan calon jemaah haji kali ini, Gubernur Erzaldi memberikan bantuan kepada para Jemaah haji supenir berupa tas kecil untuk tempat sandal/sepatu masing-masing Jemaah haji.(humasprov).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas