Gubernur Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pengolahan Mineral, Zircon dan Elminit

AIR ANYIR, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, meletakkan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Industri Pengolahan dan Pemurnian Mineral, Zircon dan Elminit, PT. Putraprima Mineral Mandiri, di Jalan Desa Mudel, Sungai Mengkaong, Kawasan Industri Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Senin (12/2/2018).

Ikut meletakkan Batu Pertama dalam kegiatan tersebut, Deputi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Ridwan Jamaluddin, Bupati Bangka, Tarmizi Saat, Pimpinan PT. Putraprima Mineral Mandiri, Adi Sentosa, Perwakilan Mabes Polri, Irjen Pol. Ike Edwin, dan unsur Forkopimda Provinsi Babel.

Dalam Sambutannya Gubernur Erzaldi menyampaikan, kehadiran PT. Putraprima Mineral Mandiri akan memberikan manfaat bukan hanya kepada masyarakat di Babel saja, tetapi bangsa Indonesia pada umumnya.

Dalam kesempatan Gubernur berterimakasih dan mengapresiasi langkah PT. Putraprima Mineral Mandiri atas pembangunan Industri Pengolahan Mineral Ikutan ini. “Prinsip kita satu, kita tidak mau ada istilah menjual tanah negara keluar,” tegasnya.

“Pengiriman Zirkon dan Mineral ikutan ini sudah berlangsung lama terjadi di Babel, mungkin sudah 20 tahun lalu setelah masyarakat mengenal adanya industri ini. Kita tidak tahu dan tidak ada teknologi mengelola ini, semua dikirim ke luar negeri nilai tambahnya, justru yang menikmati nilai tambahnya adalah orang luar,” tandas Gubernur.

Erzaldi menyebutkan, setelah 3 bulan menjabat Gubernur Babel, dirinya telah membuat aturan yaitu dilarang mineral ikutan keluar dari Babel kecuali ada yang menginvestasikannya di Babel. Manfaatnya pasti banyak, selain mendapat nilai tambah, masyarakat juga bisa bekerja di sini. “Yang lebih penting di sini adalah masyarakat bisa bekerja di sini,” tukasnya.

Selain itu, Gubernur mengaku, sulit mengundang Investor Luar Negeri ke Indonesia. Padahal, Investor luar Negeri dibutuhkan, karena mereka mempunyai teknologi dan modal, sedangkan Investor Dalam Negeri biasanya tidak keduanya dimiliki, saat Teknologi punya namun Modalnya tidak punya. Sebaliknya, Modal punya tapi teknologi tidak ada, hal ini merupakan kesinambungan yang dibutuhkan dalam industri dan bisnis apapun.

Ia juga mengungkapkan, kunjungannya ke beberapa Negara beberapa lalu salah satunya adalah usaha mengundang para Investor untuk berinvestasi di Babel, yang salah satu hasilnya adalah ini (Pabrik Mineral Ikutan).

 

Pada kesempatan sama, Gubernur juga menjelaskan pentingnya melakukan usaha riset dan teknologi. Untuk merealisasikan itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel telah mengambil langkah yaitu bekerjasama dengan Universitas Adelaide di Australia terkait Pengiriman 3 orang tenaga ahli ke universitas tersebut, untuk penelitian pemanfaatan Mineral.

“Saya yakin dalam waktu 5 tahun teknologi ini dikerjakan di Babel. Mudah- mudahan ini berhasil. Oleh sebab itu saya meminta dukungan semua pihak, bukan hanya investor saja, tetapi juga masyarakat agar mau membuka diri, dan menerimanya,” ungkap Gubernur.

“Saya mengajak kita bersama-sama kompak membangun negeri ini, kita manfaatkan hasil alam yang telah menjadi berkah Allah SWT ini, menjadi sebuah nilai yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Babel dan bangsa Indonesia,” tutupnya.  

Sementara itu, Deputi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Dr. Ridwan Jamaluddin, dalam sambutannya mengatakan, krisis Global tahun 90-an membuat semua anak Bangsa sadar memberikan nilai tambah atas berkah sumberdaya yang dimiliki Indonesia.

Ridwan, yang merupakan Putra kelahiran Babel ini, juga menghargai upaya PT. Putraprima Mineral Mandiri membangun kembali Pengolahan Sumber Daya Alam. Untuk itu, dirinya akan mensuport agar perusahaan ini dapat beroperasi dalam Jangka Panjang.

Direktur Utama PT. Putraprima Mineral Mandiri yang diwakili Adi Santoso dalam kesempatan tersebut, berharap pihaknya dapat memajukan Industri Pengolahan Metalurgi di Tanah Air sekaligus dapat membuka Lapangan Kerja bagi masyarakat Babel.

Diakhir acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Industri Pengolahan dan Pemurnian Mineral, Zircon dan Elminit, juga dilaksanakan pemberian Santunan kepada anak-anak Panti Asuhan.(Lulus).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas