Gubernur: Lewat Kontes, Kita Tunjukkan ke Dunia Durian Babel Luar Biasa

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, membuka secara langsung Kontes dan Bazar Durian tingkat Provinsi Babel Tahun 2020, yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Babel, Sabtu (11/1/2020) pagi.

Kontes Durian yang diselenggarakan Dinas Pertanian Provinsi Babel, diikuti sebanyak 227 peserta yang merupakan para Petani Durian di Babel itu, memperebutkan hadiah juara 1 sebesar Rp22 Juta, Juara 2 Rp17 Juta, Juara 3 sebesar Rp13 Juta. Sementara juara harapan 1 mendapatkan Rp10 Juta, Harapan 2 sebesar Rp7,5 Juta, Harapan 3 sebesar Rp5 Juta beserta trophy dan sertifikat. 

Dalam sambutannya, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan, Kontes Durian ini digelar untuk menunjukkan durian Babel memiliki kualitas yang bagus dan  rasanya enak, dan melebihi durian durian yang ada. 

"Lewat Kontes Durian ini, kita ingin tunjukkan kepada Indonesia maupun dunia, khususnya negara tetangga kita, bahwa Durian Bangka Belitung luar biasa dan lebih dari durian mereka," ujar Gubernur Erzaldi ddampingi Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi.

Lanjut Gubernur, dengan adanya Kontes Durian ini juga, akan didapatkan varietas durian yang unggul, memiliki cita rasa dan bentuk yang sangat menarik.

Untuk itu, Erzaldi mengimbau kepada para Kontestan yang menjadi juara untuk dapat memberikan informasi dan aksesnya dalam penamaan bibit durian, sehingga nantinya diharapkan para petani durian dapat menanam durian kualitas unggul.

Ditambahkan Gubernur Erzaldi, Kontes Durian ini, akan diselenggarakan setiap tahun, sebagai upaya akan memicu peningkatan Pariwisata di Bangka Belitung, dengan datangnya masyarakat luar Babel ke  Babel .

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi menjelaskan, pelaksanaan Kontes Durian yang diikuti 227 peserta ini, merupakan ajang mencari varietas durian unggul dari Bangka Belitung, dan  diharapkan dapat dibudidayakan secara masif, dan memberikan keuntungan bagi para Petani durian dan masyarakat.  

Kontes Durian Tingkat Provinsi Babel Tahun 2020 itu, berhasil dimenangkan oleh Zaimi, dengan perolehan nilai 232, 5.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas