Gubernur Paparkan Prospek Ekowisata Babel di Semiloka Reuni Alumni ISBAYO

YOGYAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, kembali menjadi keynote Speaker, yaitu dalam Semiloka Reuni Alumni ISBAYO ke II Tahun 2019 di Hotel Royal Darmo Malioboro, Yogyakarta.  

Dalam paparannya pada Sabtu (7/9/2019), Gubernur menyampaikan sekilas Prospek Ekowisata di Provinsi Babel. Jadi, dijelaskan Gubernur, orang-orang yang datang ke Ekowisata, Pertama adalah orang-orang yang berilmu; Kedua, pasangan baru (Pengantin Baru); Ketiga keluarga yang harmonis.

“Ekowisata adalah salah satu kegiatan pariwisata berwawasan lingkungan yang mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan,” ungkap Gubernur.

Menurutnya, Ekowisata, dimulai ketika dirasa terjadi dampak negatif pada kegiatan pariwisata konvensional. Dampak negatif dimaksud bukan hanya dibuktikan oleh para ahli lingkungan, tetapi juga para budayawan, tokoh masyarakat dan pelaku bisnis pariwisata itu sendiri.

Kemudian, ditambahkannya, dampak berupa kerusakan lingkungan, terpengaruhnya budaya lokal secara tidak terkontrol, berkurangnya peran masyarakat setempat dan persaingan bisnis yang mulai mengancam lingkungan, budaya dan ekonomi masyarakat setempat.

Ekowisata, lanjut Gubernur, dijalankan dengan cara membawa wisatawan ke objek wisata alam yang eksotis dengan cara ramah lingkungan. Proses kunjungan yang sebelumnya memanjakan wisatawan, namun memberikan dampak negatif kepada lingkungan mulai dikurangi.

Oleh karena itu, kata Gubernur, Ia menyambut baik kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat besar artinya bagi kami, makanya kami berusaha untuk hadir,” ujar Gubernur.

Kata Gubernur, Babel memiliki prospek bagus untuk Ekowisata ini. Karenanya, kedepan, diharapkan Ekowisata bisa menjadi salah satu bagian dalam pengembangan Sektor Pariwisata di Babel.

Selain Gubernur, Kegiatan yang digagas Alumni Mahasiswa Babel yang kuliah di Babel itu, turut dihadiri Anggota DPRD Babel, Bupati Bangka, Mulkan, Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, tokoh Babel di Yogyakarta diantaranya Prof Djamaludin Ancok, Prof Sofyan Effendi, Prof Ahmad Nurmandi, dan usnur terkait lainnya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Pongky/Ahmad
Fotografer: 
Pongky
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas