Gubernur Pimpin Rakor Bersama unsur Forkopimda

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman didampingi Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fattah, memimpin jalannya Rapat Koordinasi (Rakor) bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Instansi Vertikal dan Perangkat Daerah Penerima Dana APBN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Senin (14/5/2018).

Selain Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, juga hadir dalam kesempatan itu, Instansi Vertikal seperti Kanwil Ditjen Perbendaharaan Babel, Polda Babel, Korem 45 Garuda Jaya Babel, Lanud HAS Hanandjoedin Belitung, Lanal Bangka Belitung, Kejaksaan Bangka Belitung, Kemenag Perwakilan Bangka Belitung, Perwakilan BKKBN Bangka Belitung, BPS Perwakilan Bangka Belitung, Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, dan Kemenkumham Bangka Belitung.

Dalam pengantar Rakor, Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyampaikan Rakor ini dilaksanakan berkenaan untuk menyambut bulan suci ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, juga akan dijelaskan sejauh mana serapan OPD dan instansi vertikal saat ini.

Kegiatan ini, juga ditujukan untuk mengetahui kendala yang selama ini dirasakan oleh Forkopimda dan Instansi Vertikal, serta apa saja yang diperlukan kedepan terkait hal- hal apa yang perlu dikoordinasikan melalui rapat rapat lanjutan. 

Gubenur berharap dengan rapat koordinasi ini selain berguna untuk meningkatkan kualitas kinerja pelaksanaan anggaran, juga dapat meningkatkan sinergi antara pemerintah dengan Forkopimda serta Instansi Vertikal dalam peningkatan sinergitas dan mendukung program pembangunan daerah setempat.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Babel, Supendi dalam paparannya menjelaskan saat ini posisi Realisasi Pendapatan pertanggal 30 April 628,3 miliar rupiah dari target 2.6 triliun rupiah yang artinya mencapai 23.9 persen, sedangkan Pencapaian Pendapatan Pajak Dalam Negeri berdasarkan KPP 533,2 miliar rupiah dari target 2,5 triliun rupiah yaitu sekitar 20,9 persen. 

Sedangkan Realisasi APBN sampai dengan 30 April 2018 dari pagu 9,5 triliun, realisasinya mencapai 3, 04 atau 31,9 persen.

Supandi dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan 10 indikator pengukuran kinerja pelaksanaan Anggaran, dan 10 Satker dengan nilai kinerja Pelaksanaan tertinggi periode Triwulan I tahun 2018.

Dirinya juga menjelaskan Realisasi Dana Desa baik dari Alokasi Pemerintah, Kabupaten Kota ke Pemerintah Desa yang saat ini sesuai dengan Sistem Pelaporan sudah diterima 74 miliar rupiah dengan penyerapan 0 % diakibatkan belum masuknya laporan ke dalam sistem.

Untuk itu, dirinya meminta kepada Gubernur agar hal ini dikoordinasikan dengan Kabupaten/ Kota yang ada.

Kemudian setiap Forkopimda dan Instansi Vertikal yang hadir menyampaikan hal - hal yang saat ini, menjadi kendala yang dialami selama ini, serta masukan-masukannya.

Dalam Kesempatan itu juga dipergunakan oleh Danrem 045 Garuda Jaya Babel, Kolonel Inf. Abdurahman untuk berpamitan, karena dirinya akan bertugas di tempat yang Baru yaitu di Markas Besar TNI. 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas