Gubernur Sampaikan Tiga Raperda ke DPRD

Air Itam, Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Efendi, Senin (13/2/2017) menyampaikan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Babel kepada DPRD Babel melalui Rapat Paripurna yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel.

Ketiga raperda tersebut adalah Raperda Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Bangka Belitung Tahun 2005 – 2025, Raperda Retribusi Jasa Umum, dan Raperda Perubahan Perda no.1 tahun 2011 tentang pajak daerah.

Rapat paripurna yang dihadiri sebanyak 32 orang anggota DPRD, Forkopimda, dan sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel itu, di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya.

Terkait dengan Raperda Perubahan RPJPD Babel, Gubernur dalam sambutannya mengemukakan, dalam kurun waktu 10 tahun semenjak diberlakukannya RPJPD, Pemprov Babel perlu melakukan perubahan rencana pembangunan daerah yang disebabkan oleh tiga faktor utama, yaitu regulasi berskala nasional, evaluasi terhadap RPJPD dan kondisi aktual daerah yang disesuaikan dengan rencana tata ruang.

Selain itu, Gubernjur juga menyebutkan, penerimaan retribusi jasa umum sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah perlu upaya peningkatan pelayanannya, dan juga perubahan perda nomor 1 tahun 2011 tentang pajak daerah terkait dengan pelayanan administrasi kepada masyarakat dengan adanya perubahan nomenklatur DPPKAD menjadi Badan Keuangan Daerah.

Rustam berharap usulan ketiga Raperda Provinsi Babel kepada DPRD dapat diselesaikan tepat pada waktunya, dan untuk segera dilaksanakan dalam rangka percepatan pembangunan di Babel.

Sementara itu, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Babel mengajukan usulan Raperda tersebut untuk pegangan dalam Pembangunan Babel.

Didit menambahkan, Babel, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2012-2017 yang merupakan penjabaran dari RPJPD, telah memasuki akhir tahunnya, dan dalam kurun waktu tersebut, Babel telah mengalami Pembangunan yang semakin baik.

Pada kesempatan itu, Draf Rancangan Peraturan Daerah yang diusulkan Pemprov Babel untuk dibahas bersama DPRD, secara simbolis diserahkan Gubernur Rustam Efendi kepada Wakil Ketua DPRD Babel Hendra Apolo. (Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas