Gubernur: Semangat Pramuka tidak Jauh Beda dengan Entrepreneur

HUMASPRO, PANGKALPINANG- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman  memberikan motivasi melalui  Video Conference dalam rangkaian Workshop Smart Class Online Festival Mei 2020 "One Gudep One Product" kepada seluruh Anggota Pramuka yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gubernur Babel, Rabu (13/5/2020) pagi. 

Kegiatan Workshop Smart Class Online Festival Mei 2020 "One Gudep One Product" yang diikuti Anggota Pramuka se-Babel tersebut dilaksanakan secara virtual melalui Aplikasi Zoom yang diselenggarakan mulai tanggal 13-17 Mei 2020. 

Dalam motivasi Gubernur Erzaldi yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Babel mengatakan, dalam menghadapi pandemic corona ini seorang pramuka harus mampu mengatasinya dengan baik.

“Semangat seorang pramuka harus tetap membara dalam dada dan hati kalian. Jangan jadikan permasalahan ini (Covid-19), suatu masalah yang menjadi beban hidup kalian. Kalau kondisi sekarang menjadi masalah, sulit bagi kita untuk kembali bangkit, karena kita tidak menganggapnya sebagai latihan bagi hidup, sehingga kita memaknainya keliru, ke depan juga keliru,” ujar Gubernur.

Bersyukurlah kata Gubernur,  dari waktu ke waktu yang turut serta dalam kegiatan Pramuka ini, dan  seorang pramuka akan sangat teruji mentalnya ketika dia menghadapi Covid-19 sekarang.

Selain itu, Gubernur mengungkapkan,  dalam kegiatan kepramukaan yang didapatkan selama ini, tidak jauh dari semangat yang dimiliki oleh seorang entrepreneur yang handal, karena selalu semangat dan memiliki jiwa juang yang tinggi. “Semangat pramuka itu tidak jauh beda dengan entrepreneur,” tegas Gubernur Erzaldi.

Ditambahkannya, kegiatan One Gudep One Product sebagai pionir yang merupakan kebanggaan bagi Babel, bahkan satu - satunya Provinsi  di Indonesia yang telah melakukannya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Babel, Erzaldi Rosman juga memberikan beberapa key yang harus dimiliki oleh seorang pramuka yang ada di Babel,  Pertama,  Hindari malas dan lelah. Maksudnya seorang pramuka harus mampu melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. 

"Kedua,  tidak perlu menunjukkan dirimu, karena orang akan menilai dengan segala perbuatan yang kita perbuat tanpa harus menunjukkannya kepada orang lain siapa diri kita. Ketiga, jangan pernah merasa menjadikan masalah Covid-19 ini menjadi beban dalam hidup. Kempat, banyak-banyaklah bersyukur," jelas Gubernur.

Sementara itu, Kakwarda Pramuka Babel, Melati Erzaldi Rosman melalui vicon tersebut mengatakan, Workshop Smart Class Online Festival Mei 2020 "One Gudep One Product" ini sebagai langkah dalam mendorong para pramuka untuk mandiri dalam berusaha.

“Mudah-mudahan dengan program ini, akan menciptakan produk - produk yang dapat dihasilkan dengan baik di Babel, yaitu  suatu program  untuk dapat mandiri dan mendorong peningkatan penghasilan secara ekonomi dan berinovasi dalam satu produk, “ ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Melati menyebutkan beberapa usaha yang dapat dilakukan saat sekarang, juga dapat dikembangkan seperti  konten kreator atau desain grafis dan lain sebagainya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas