Gubernur Serahkan Bantuan Pupuk Kepada Kelompok Tani Simpang Tiga

SIMPANG TIGA, BANGKA BARAT- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, menyerahkan secara simbolis bantuan pupuk kepada Kelompok Tani (POKTAN) yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Penyerahan yang diselenggarakan di Halaman Rumah Warga Desa Simpang Tiga, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Jum’at (12/7/2019) tersebut, dihadiri Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi, dan Pejabat terkait Pemkab Bangka Barat.

Gubernur dalam arahannya mengatakan, bantuan pupuk dan alat pertanian yang diserahkan agar dimanfaatkan dengan baik dan benar.

Pemberian bantuan ini, dijelaskannya, merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dalam meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Traktor, cultivator untuk jagung dan padi itu berupa pinjam pakai, ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kita untuk kawan-kawan petani," ujar Erzaldi.

Terkait dengan bibit lada, kata Gubernur Erzaldi, pemerintah akan memberikan bantuan kepada masyarakat petani yang akan menanam dengan baik dengan jumlah 500 bibit per KK.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi mengatakan, bantuan yang diberikan berupa Pupuk NPK sebanyak 24,4 ton untuk 10 desa, dari 16 kelompok tani, traktor roda 2 sebanyak 2 unit, Pompa Air sebanyak 2 unit, Cultivator sebanyak  2 unit.

Bantuan pupuk yang diberikan, diharapkan Juaidi, digunakan untuk memupuk tanaman lada yang ditanam, karena program pemerintah ini lebih bertujuan kepada mengembalikan kejayaan lada di Babel. 

Selain itu, dikatakan Juaidi, untuk tahun 2019 pemerintah memberikan bantuan bibit lada sebanyak 1,6 juta bibit lada, dan diharapkan pada tahun 2020 akan ditingkatkan sebanyak 6 juta bibit lada.

Sementara itu, Asisten Setda Bangka Barat, Rozali, mewakili Bupati Bangka Barat, Markus, mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Babel yang telah memberikan bantuan pupuk dan alat pertanian.

Rozali mengharapkan petani penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan, sehingga akan meningkatkan kualitas dan produksi pertanian yang dikelola para petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas