Gubernur Serahkan Beasiswa kepada 196 Mahasiswa PT se-Bangka Belitung

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyerahkan secara langsung Beasiswa kepada 196 Mahasiswa/Mahasiswi Perguruan Tinggi (PT) Se-Bangka Belitung.

Itu dilakukan pada Launching Penyerahan Beasiswa dan Pembinaan Mahasiswa Penerima Beasiswa, Satu Keluarga Satu Sarjana, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bangka Belitung, di Sun Hotel Pangkalpinang, Sabtu (2/11/2019).

Gubernur Babel, Erzaldi mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian bagaimana membangun umat melalui Baznas.

Baznas dikatakannya, bukan hanya mengelola Zakat tetapi juga sedekah, infak dan lain sebagainya, yang semata - mata diharapkan untuk membangun umat.

Kepada para mahasiswa dirinya berharap, ke depan, akan menjadi orang sukses, dan menjadi orang yang diharapkan untuk membangun bangsa, dan ini merupakan keberkahan dapat menerima beasiswa, sehingga dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam menimba ilmu di kampusnya masing - masing.

Oleh sebab itu, kata Gubernur, para mahasiswa harus bersyukur, bukan hanya dengan doa saja, tetapi juga mengimplementasikan rasa syukur dalam kehidupan sehari - hari, sehingga dapat menuntaskan perkuliahan dengan baik dan menjadi orang yang soleh dan soleha, serta berkarakter. Karena Beasiswa ini, berasal dari dana yang dikumpul dari orang - orang yang mempunyai kewajiban berzakat.

Gubernur menjelaskan, Zakat merupakan wajib bagi yang mempunyai penghasilan, seperti ASN di lingkungan Pemprov Babel Zakat langsung diambil dari gaji yang diterima tiap bulannya.

Pada awal kepemimpinannya, kata Erzaldi, di Bangka Belitung dana zakat di Baznas hanya 40 juta, dan setelah dirinya menghimbau kepada ASN untuk membayar zakat, kini mencapai 10,9 milyar rupiah.

Perolehan dari Baznas Bangka Belitung, ditambahkan Erzaldi,  merupakan yang tertinggi dibanding daerah lain, karena berkat dorongan dari pemerintah dan ulama. Yang pasti, kata dia, pengetahuan orang tentang sedekah, zakat dan infak juga meningkat, terbukti dengan banyaknya dana yang terkumpul di Baznas maupun lembaga zakat lainnya.

Tahun depan, lanjut Erzaldi, Bangka Belitung juga mengarah pada pembentukan dan mengoptimalkan lembaga wakaf produktif. Dengan wakaf produktif ini, nantinya akan membantu dan mendorong perekonomian umat secara syar'i.

Pada kesempatan sama, Gubenur Erzaldi berharap kepada Baznas Bangka Belitung dalam pengelolaan dana Zakat, ke depan agar salah satunya adalah dengan membangun Asrama bagi Mahasiswa yang berasal dari luar Pangkalpinang.

Mahasiswa/Mahasiswi penerima beasiswa berasal dari UBB, IAIN Syeikh Abdurrahman Siddik, Stikes Citra Delima, Poltekkes Kemenkes RI Babel, Stimik Atma Luhur, Akper Pangkalpinang, Stisipol Sungailiat dan STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung.

Selain dapat pengarahan dari Gubernur Erzaldi, pada kegiatan tersebut, para mahasiswa juga mendapat Tauziah dari Ustadz Muhammad Kurnia.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas