Gubernur Serahkan Kunci Rumah Bantuan Korban Banjir Meranteh

HUMASPRO, GANTUNG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyelesaikan pembangunan rumah relokasi bagi korban bencana banjir di Dusun Meranteh, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, sebanyak 100 unit dalam dua tahap. 

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyerahkan secara simbolis kunci rumah korban banjir Meranteh tersebut, pada Kamis (6/2/2020) langsung kepada pemilik rumah.

"Hari ini, di Desa Selinsing menyerahkan rumah sejumlah 100 unit. Ini merupakan lanjutan relokasi korban banjir yang dipindahkan kesini," ujar Gubernur Erzaldi.

Adapun rumah yang dibangun terdiri dari dua tahap. Tahun lalu, sebanyak 60 unit rumah terbangun dan sudah ditempati warga korban bencana banjir. Sisanya diserahkan tahun ini yakni sebanyak 40 unit rumah, pun telah ditempati.

"Tahun ini, akan kita tambah fasilitas umum berupa pemasangan PDAM dan pembangunan jalan. Mudah-mudahan ini dapat memberikan manfaat bagi kita," harap Gubernur Erzaldi.

Dikatakan Gubernur, tahun ini, seluruh bantuan pembangunan rumah bagi korban bencana banjir telah diselesaikan Provinsi. Meski demikian, bantuan rumah layak huni di tujuh Kabupaten/Kota di Bangka Belitung tetap teranggarkan.

"Pembangunan rumah layak huni rutin setiap tahun ada. Setiap tujuh Kabupaten/Kota mendapat rumah tergantung permohonan mereka," sebut Gubernur Erzaldi.

Gubernur juga berharap agar warga relokasi jangan kembali menempati rumah lama yang terdampak banjir. Karenanya, Gubernur meminta rumah lama dan lahannya dilaporkan apabila dialihfungsikan.

"Rumah bantuan sudah diserahkan, dan tolong jangan kembali ke daerah yang banjir lagi. Pak Camat, data baik-baik alih fungsi di sana, yang pasti bukan untuk rumah," pinta Gubernur Erzaldi.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Bardian
Fotografer: 
Bardian
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas