Gubernur Tanam Sorghum Organik di Kawasan Perkebunan Air Anyir

AIR ANYIR, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, dan masyarakat Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Rabu (20/11/2019) petang, melakukan penanaman Sorghum Organik di Kawasan Perkebunan di Desa Air Anyir.

Gubernur disela-sela aksi tanam Sorghum, mengatakan,  sorghum yang di tanam merupakan bibit yang baik.

"Dalam penanaman juga menggunakan pola Kemitraan, karena  menggunakan lahan hutan produksi, dimana harus mengurus izin dan MoU. Dan pola seperti ini dapat dikembangkan di kawasan lainnya,"  ujar Gubernur.

Dikatakan Gubernur, Hutan Produksi yang selama ini tertidur dapat dikelola dan dipergunakan dengan mengurus perijinannya.

Erzaldi berharap tanaman sorghum ini, nantinya dapat menghasikan produk yang berkualitas, sebab sorghum baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

“Karena kawasan ini merupakan kawasan hutan produksi, maka masyarakat harus berperan dalam penanamam sorghum tersebut. Diharapkan penduduk Desa Air Anyir dapat menanam sorghum 1 hektar untuk satu keluarga,” ungkap Erzaldi.

Komoditi sorghum dijelaskan Erzaldi, menjadi sebuah komoditi baru yang dapat dikelola sebagai pengganti beras.

Erzaldi menyayangkan apabila kawasan hutan produksi tersebut tidak dimanfaatkan oleh masyarakat dan menjadi lahan tidur.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas